Foto: Indah/Radar Depok PEDULI KESEHATAN: Perwakilan dari Puskesmas Sukamaju Baru, drg. Reinastini Santi sedang memberikan penyluhan kepada siswa PAUD Kirana, tentang kesehatan gigi.

 

PEDULI KESEHATAN: Perwakilan dari Puskesmas Sukamaju Baru, drg. Reinastini Santi sedang memberikan penyluhan kepada siswa PAUD Kirana, tentang kesehatan gigi. Foto: Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Menjaga kesehatan gigi untuk anak merupakan hal penting. Pada usia 2-10 tahun, anak lebih menyukai makanan manis seperti permen dan cokelat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut, membuat gigi anak cepat rusak, jika tidak dibarengi dengan menggosok gigi secara rutin.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kirana memiliki program penyuluhan menjaga kesehatan gigi. Penyuluhan ini digelar pada Rabu (25/1) dan bekerjasama dengan Puskesmas Sukamaju Baru. drg. Reinastini Santi didapuk menjadi pembicara pada penyuluhan tersebut.

Kepala PAUD Kirana, Fenny Irawati mengatakan, PAUD yang beralamat di Jalan Kenari Raya Komplek TNI AD, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos tersebut, ingin siswanya mengetahui cara merawat kesehatan gigi sejak dini. Selain itu, juga mengajarkan kepada siswa untuk tidak takut pergi ke dokter gigi atau puskesmas.

“Agar anak-anak tahu sejak dini cara menjaga kesehatan gigi,” ujar, kepada Radar Depok.

Isi penyuluhan tersebut diantaranya, mengajak anak-anak untuk menyikat gigi tiga kali sehari, yakni pada pagi, siang dan malam sebelum tidur. Lalu cara menggosok gigi dengan benar agar semua gigi tersikat mulai dari depan, belakang, kanan dan kiri.

“Selain mengedukasi siswa, kita juga kasih penyuluhan untuk orang tua agar mengerti dan ikut mengawasi anaknya,” tambah Fenny.

Selanjutnya drg. Reinastini Santi menghimbau, kepada siswa untuk mengurangi makanan manis seperti permen dan cokelat. Jika anak masih tetap makan permen dan cokelat diusahakan menggosok gigi setelah memakannya. (cr1)