FERDIAN/RADARDEPOK NGOBROL ASIK : :Lurah PJB Sugianto bersama salah satu penerima RTLH mengobrol saat melihat rumahnya selesai diperbaiki.
yamaha-nmax
NGOBROL ASIK : Lurah PJB Sugianto bersama salah satu penerima RTLH mengobrol saat melihat rumahnya selesai diperbaiki. Foto: Ferdian/Radar Depok

DEPOK-Tak lama lagi 17 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere rampung. Berdasarkan data, lima RTLH sudah selesai dan 12 RTLH progres pengerjaannya sudah 80 persen.

Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto mengatakan, masyrakat PJB sangat tinggi dalam patisipasi pembangunan RTLH. Pada realisasi anggaran 2016 silam, PJB dapat dana bantuan perbaikan 17 unit RTLH senilai Rp 306 juta dari APBD, dan besaran dana tersebut ditopang bantuan swadaya masyarakat.

“Tahun 2016 kami mendapat jatah perbaikan RTLH sebanyak 17 unit yang tersebar di wilayah RW 1, 3, 4 dan 5. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 80 persen. Pekan depan sepertinya sudah rampung,” ujar Sugianto kepada Radar Depok, kemarin.

Tahun ini pihaknya bersama jajaran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) telah mengajukan perbaikan 26 unit RTLH. Itu pun baru ajuan tidak diketahui berapa nantinya yang akan dikabulkan. “Tahun ini ada 26 RTLH kami ajukan,” tegasnya.

Perlu diketahui bersama, kata dia jumlah bantuan pemerintah tidak mungkin mencukupi untuk perbaikan RTLH. Karnanya peran serta dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, dalam menopang pembiayaan rumah warga kurang mampu ini.

Sementara, Ketua LPM Pangkalanjati Baru, H Mahtum mengaku, akan lebih giat lagi menggali potensi swadaya masyarakat guna menyukseskan realisasi proyek RTLH tahun ini. Memang, jika dihitung-hitung sangat jauh dana untuk perbaikan, jadi butuh peran serta masyarakat dalam pembangunannya.(bry)