RETNO/RADARDEPOK SINERGITAS: Sinergitas antara para pengurus Perdana, LPM Kelurahan Pocin dengan Polsek Beji, Kapospol Kemirimuka, Pondok Cina dan Babinsa Koramil 02 Kecamatan Beji.
SINERGITAS: Sinergitas antara para pengurus Perdana, LPM Kelurahan Pocin dengan Polsek Beji, Kapospol Kemirimuka, Pondok Cina dan Babinsa Koramil 02 Kecamatan Beji. Foto: Retno/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Warga Kelurahan Pondok Cina (Pocin) mendirikan perkumpulan Persaudaraan Warga Pondok Cina (Perdana), untuk melakukan pengawasan khususnya keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Ketua Perdana, Herry Ibrahim mengatakan, seluruh unsur warga yang menjadi anggota Perdana, berperan melakukan pengawasan untuk segala hal yang mencurigakan di lingkungannya.

Oleh karena itu, di Kelurahan Pocin tidak menerapkan siskamling. Tetapi, mereka yang menjadi anggota dari Perdana yang mengawasinya.

“Kami memang tidak ada siskamling, hanya saja ada hansip dimasing-masing RW. Selain itu, kami mendirikan Perdana yang ikut melakukan pengawasan,” jelas Herry.

Dia menuturkan, sistem Perdana lebih efisien untuk ikut mengajak seluruh warga berperan menjaga keamanan lingkungan. Tentu juga, sambungnya, pihaknya bekerja sama dengan unsur dari kepolisian dan TNI, untuk menjaga stabilitas keamanan. Karena Kelurahan Pocin termasuk bagian dari jantung Kota Depok yaitu Jalan Margonda Raya.

Baca Juga  Warga Rawageni Depok Bangun Jalan Alternatif

“Ini merupakan upaya bersama, dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban guna memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat. Dengan mengutamakan pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” paparnya.

Dia menambahkan, 36 RT dari sembilan RW di Kelurahan Pocin, ikut serta menjadi pengurus Perdana. “Perdana bisa jadi wadah bersilaturahmi masing-masing warga di Pocin,” katanya. (ret)