Foto: Ricky/Radar Depok TAMPUNG USULAN: Ketua LPM Kelurahan Mekarsari, Usman, didampingi Lurah Suryadi dan staf, memberikan arahan dalam pra Musrenbang di aula kantor kelurahan, kemarin.
TAMPUNG USULAN: Ketua LPM Kelurahan Mekarsari, Usman, didampingi Lurah Suryadi dan staf, memberikan arahan dalam pra Musrenbang di aula kantor kelurahan, kemarin. Foto: Ricky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Selain mengajukan usulan peningkatan infrastruktur dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017, Lurah Mekarsari, Cimanggis, Suryadi, meminta agar mengusulkan bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dalam pengajuan usulan, saya meminta agar katar (karang taruna) diperhatikan, mereka SK (surat keputusan) sudah ada dari kelurahan di RW juga sudah. Usulkan mau pelatihan apa untuk mereka,” kata Suryadi saat menggelar pra Musrenbang di aula kantor kelurahan, kemarin.

Selain itu, untuk pengajian dan majelis taklim yang memenuhi kriteria dapat diusulkan sarana dan prasarananya. “Sosial budaya nya juga dimasukan, jangan pembangunan memulu, tapi SDM nya tidak dipikirkan. Pagu anggaran Rp2 miliar,  ajukan saja seluruhnya. Setiap RW mengirim usulan secara maksimal,” ujarnya.

Sama dengan Lurah, Ketua LPM Kelurahan Mekarsari, Usman, mengharapkan agar infrastuktur dan SDM dapat dimaksimalkan usulannya. Seperti katar, ketika ada lahan dapat mengajukan usulan pembangunan sekretariat, sarana dan prasarananya. “Kemudian, majelis taklim ketika membutuhkan alat hadroh juga bisa mengajukan,” kata Usman.

Disadari pagu anggaran Rp2 miliar tidak mampu mengcover 22 RW dan 155 RT yang ada di kelurahan Mekarsari. Nantinya, hanya ada satu atau dua usulan yang akan ditampung. Dia melanjutkan, sisanya akan diusulkan dalam pos anggaran lainnya, seperti pokok pikiran (Pokir) Anggora Dewan.

“Kami akan mengundang enam anggota dewan dapil Cimanggis. Pesan saya untuk usulan ke anggota dewan, jangan sampai ada usulan yang tumpang tindih, seperti dari nama satu jalan ada di tiga aspirasi dewan, nanti di delete,” tutup Usman. (cky)