RAMA/RADAR DEPOK SIMBOLIS: Ketua RW05 Kelurahan Tirtajaya, Dayat (bawah), meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung Posyandu Cendrawasih A, disaksikan para ketua RT.
yamaha-nmax

 

SIMBOLIS: Ketua RW05 Kelurahan Tirtajaya, Dayat (bawah), meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung Posyandu Cendrawasih A, disaksikan para ketua RT. Foto: Rama/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Keinginan warga RT01, 02, 05, 06, 08 dan RT09 di RW05 Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, untuk memiliki gedung posyandu sendiri dalam waktu dekat akan terwujud.

Kemarin, peletakkan batu pertama pembangunan Posyandu Cendrawasih A di atas lahan fasos-fasum Perumahan Qoryatussalam Sani dilakukan.

Ketua RW05, Dayat, mengatakan, dana pembangunan gedung berasal dari bantuan APBD Kota Depok senilai Rp50 juta, ditambah swadaya warga dari 6 RT sebesar Rp27 juta.

“Swadaya masyarakat begitu besar. Karena memang sudah lama kita ingin memiliki gedung posyandu mandiri,” kata Dayat kepada Radar Depok, usai peletakkan batu pertama.

Ada pun luas tanah mencapai 98 meter dan bangunan gedung 47,5 meter. Dayat mengatakan, pembangunan posyandu yang berada di Perumahan Qoryatussalam Sani sesuai dengan kesepakatan bersama antar ketua RT.

“Masyarakat dan pengurus lingkungan Qoryatussalam selama ini memang aktif. Jadi kita nggak perlu lagi sulit mencari lahan untuk gedung posyandu. Gedung ini kan nantinya untuk kepentingan bersama,” kata Dayat.

Di tempat yang sama, Ketua Posyandu Cendrawasih A, Nani Mularni, mengatakan, selama ini ketika jadwal pelayanan posyandu harus menggunakan rumah warga. Kondisi tersebut tentunya menyulitkan kader dalam memberikan pelayanan.

“Posyandu Cendrawasih A berdiri tahun 1996. Selama itu pula kita menggunakan rumah kader untuk pelayanan pemeriksaan. Mudah-mudahan dengan berdirinya gedung sendiri, kader lebih leluasa memberikan layanan,” kata Nani.

Sementara itu, ketua pembangunan, Budi Hartono, menambahkan, pembangunan ditargetkan selesai dalam dua bulan. Dengan dana yang terkumpul, gedung nantinya akan siap dibangun dua lantai.

“Dua bulan sudah bisa diresmikan. Membangun gedung posyandu dengan rumah kan beda. Kalau posyandu banyak ruang tertutupnya, untuk pemeriksaan,” kata Budi.

“Pondasinya nanti akan siap dibangun dua lantai kalau ada dana pengembangan renovasi,” kata Budi.

Peletakkan batu pertama disaksikan anggota DPRD Depok, Supariyono, Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya, Iriansyah, Ketua RT01, 02, 05, 06, 08 dan RT09 di RW05, dan warga. (ram)