RETNO/RADARDEPOK PELATIHAN: Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, Ketua TP PKK Kecamatan Pancoran Mas, Eka Susianah, Sekretaris Kecamatan, Rika Kamila menghadiri pelatihan kader Posyandu se-Kecamatan Pancoran Mas.
yamaha-nmax

 

PELATIHAN: Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, Ketua TP PKK Kecamatan Pancoran Mas, Eka Susianah, Sekretaris Kecamatan, Rika Kamila menghadiri pelatihan kader Posyandu se-Kecamatan Pancoran Mas. Foto: Retno/Radar Depok

RADAR dEPOK.COM – Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kecamatan Pancoranmas menyelenggarakan kegiatan pelatihan kader Posyandu dan Posbindu se-Kecamatan Pancoranmas, beberapa waktu lalu. Ketua TP PKK Kecamatan Pancoranmas, Eka Susianah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari tindak lanjut Pemkot Depok, untuk memperkuat tatanan kelembagaan Posyandu dan Posbindu.

“Bentuknya berupa bimbingan teknis (bimtek) dari narasumber dibidang kesehatan yang berasal dari Puskesmas dan PLKB Kecamatan,” ucap Eka Susianah.

Lebih lanjut, ungkapnya, untuk jumlah Posyandu se-Kecamatan Pancoranmas ada 119 Posyandu, dengan kriterianya yaitu mandiri ada 111 posyandu, purnama ada 5 posyandu dan madya ada 3 posyandu. “Jadi, kalau tingkatan dari bawah pratama tidak ada,” ucapnya.

Dia menambahkan, sasaran dari pelatihan posyandu adalah upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, untuk balita, ibu hamil, menyusui serta wanita pasangan usia subur. Kemudian, bila sasaran pelatihan posbindu adalah mendeteksi dan periksa secara dini kesehatan penyakit tidak menular untuk kesehatan lansia. Serta untuk menguatkan program prioritas Pemkot Depok.

“Ini dalam upaya penyediaan infrastruktur yang mengakomodir kepentingan anak dan lansia serta penguatan peran keluarga,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pancoranmas, Utang Wardaya mengungkapkan, peran posyandu dan posbindu adalah sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat, guna mewujudkan kesejahteraan. Karena, aspek kesehatan merupakan pondasi utama, dalam membangun ketahanan keluarga

“Saya selaku pemerintah dari kecamatan lebih banyak perannya pada fasilitasi dan pemberdayaan serta koordinasi lintas sektor di wilayah,” tandasnya. (ret)