INTERAKSI: Aparatur Kelurahan Tirtajaya, ketua RW, RT, tokoh masyarakat dan kader PKK mengikuti pra Musrenbang yang dihelat di Pantai Pelabuhanratu, Sabtu (7/1).
yamaha-nmax

 

INTERAKSI: Aparatur Kelurahan Tirtajaya, ketua RW, RT, tokoh masyarakat dan kader PKK mengikuti pra Musrenbang yang dihelat di Pantai Pelabuhanratu, Sabtu (7/1). Foto: Istimewa/Radar Depok

TIRTAJAYA – Aparatur Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, bersama LPM, ketua RW, RT, tokoh masyarakat dan kader PKK menggelar pra Musrenbang. Seperti pada tahun lalu, pra Musrenbang Sabtu (7/1) kemarin digelar di luar kota. Pilihannya adalah Pantai Pelabuhanratu, Sukabumi.

Kepada Radar Depok, Lurah Tirtajaya, Ayi Mukarom, mengatakan, tujuan digelarnya pra Musrenbang di luar kota sekaligus refreshing dan menjalin silaturahmi dengan warga.

“Kalau diadakan di kelurahan biasanya habis pembahasan langsung pada pulang. Tapi kalau di luar kota suasanannya berbeda. Lebih akrab dan bisa sharing,” kata Ayi.

Dengan tema ‘melalui pra Musrenbang tahun 2017 warga Tirtajaya siap mendukung Kota Depok unggul, nyaman dan religius’, kata Ayi, tujuan lain diadakan di luar kota warga bisa saling mengenal satu sama lain.

“Terutama sesama pengurus lingkungan, yang belum kenal kan jadi tahu. Silaturahmi lebih mengena. Begitu pun kalau ada permasalahan di lingkungan, RW dan RT bisa menjelaskan. Itu yang didapat dari pra Musrenbang kemarin,” katanya.

Nantinya, usulan pembangunan pada bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya yang disampaikan setiap ketua RW, akan diverifikasi LPM untuk menjadi usulan skala prioritas pada Musrenbang tingkat kelurahan.

“Di pra Musrenbang ini kita pilah mana-mana saja lingkungan yang butuh pembangunan. Tentunya akan diutamakan lingkungan yang memang baru beberapa persen tersentuh,” kata Iriansyah, Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya.

Setelah di dalam Musrenbang tingkat kelurahan setiap usulan disahkan, akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan.

“Pada tingkat kecamatan sampai ke OPD yang perlu dikawal. Khawatirnya usulan prioritas malah justru terdelete,” kata Iriansyah. (ram)