Foto: Indah/Radar Depok SAMBIL BELAJAR: Program pengenalan profesi RA Ar-Rahmah di penerbit buku Gema Insani, belum lama ini.

 

SAMBIL BELAJAR: Program pengenalan profesi RA Ar-Rahmah di penerbit buku Gema Insani, belum lama ini. Foto: Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Setiap tahunnya RA Ar-Rahmah mengadakan kunjungan profesi. Belum lama ini, sekolah yang terletak di Jalan STM Mandiri, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, berkunjung ke penerbit Gema Insani, di Kecamatan Sukmajaya.

Dalam kunjungannya tersebut, para siswa diperkenalkan dengan berbagai profesi yang berada di Gema Insani. “Mereka belajar siapa yang bertugas bikin cover depan, penulis, mencetak buku, hingga siapa yang bertugas untuk mengemas buku,” kata Kepala RA Ar-Rahmah, Imtikhanah, kepada Radar Depok.

Kemudian, siswa berkeliling pabrik dengan melihat proses pembuatan buku hingga dikemas dan disebarkan ke toko buku. Tak lupa para siswa melihat mesin pencetak buku serta cara kerja mesin tersebut.

“Terakhir dibawa ke toko. Langsung mereka pilih-pilih buku untuk dibeli. Biasanya pada ngeborong. Karena kalau kunjungan dan langsung beli ke penerbit dapat diskonnya lumayan. Jadi pasti pada beli banyak,” ujar Imtikhanah.

Buku yang dibeli anak biasanya berisi cerita bergambar. Selain gambar dan warna buku yang menarik, mereka juga mendapatkan edukasi atau pesan moral yang terkandung dalam buku tersebut.

“Kalau anak-anak biasanya suka buku yang ada gambarnya dan cerita di dalamnya. Itu akan lebih mengedukasi mereka,” kata Imtikhanah. (cr1)