yamaha-nmax

RELIGIUS: Lurah Sukmajaya, ketua LPM, ketua RT, ketua RW dan warga RT06/09 Kelurahan Sukmajaya usai menggelar Maulid Nabi Muhammad, Sabtu (31/12) malam. FotoRama/Radar Depok

SUKMAJAYA – Malam Tahun Baru 2017, Sabtu (31/12), tak selalu digelar dengan pesta kembang api. Di lingkungan RT06/09 Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, ketua lingkungan mengajak pemuda, ibu-ibu dan orangtua untuk menggelar salawatan. Kegiatan ini sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Apa yang dilakukan pengurus lingkungan mendapat apresiasi dari Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar, yang menghadiri kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, ketua lingkungan di sini (RT06/09, red) mengajak warganya mengadakan kegiatan keagamaan. Yang kebetulan malam ini adalah malam Tahun Baru,” ujar Amund-panggilan Achmad Munandar.

Sesuai dengan tema”kampung kita bersholawat, daripada keluyuran lebih baik sholawatan”, menandakan pengurus lingkungan RT06 tak ingin memeriahkan Tahun Baru dengan hura-hura.

“Mulai sekarang, setiap malam pergantian tahun cobalah dengan hal-hal yang positif. Seperti misalnya kegiatan religius semacam ini. Kalau pengurus lingkungan mengajak, pasti warganya akan ikut,” kata Amund.

Apa yang dilakukan pengurus RT06/09 diharapkan diikuti lingkungan lainnya di Kelurahan Sukmajaya. Dengan begitu, kata Amund, yang dicita-citakan Pemkot Depok, yakni menjadikan masyarakat Kota Depok yang religius akan terwujud.

“Ini tentunya sesuai dengan visi misi pemerintah kota. Karena tanpa dukungan dari masyarakat, cita-cita pemerintah tidak akan tercapai,” sambungnya.

Amund menambahkan, selain malam Tahun Baru, kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) harus disemarakan.

“Di sini juga hadir pemuda RT06. Mereka bisa dilibatkan menjadi panitia dalam setiap kegiatan. Dengan begitu, kegiatan mereka lebih positif, ketimbang hanya sekedar nongkrong-nongkrong,” kata Amund. (ram)