ADE/RADAR DEPOK AJAKAN: Perwakilan Rumah Kreatif Pepes Kancil memberikan banner sosialisasi tentang bahaya sampah ke RT07/01 Kelurahan Cilodong.

 

AJAKAN: Perwakilan Rumah Kreatif Pepes Kancil memberikan banner sosialisasi tentang bahaya sampah ke RT07/01 Kelurahan Cilodong. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM– Baru diresmikan tiga bulan lalu, Rumah Kreatif Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah (Pepes) Karang Taruna Cilodong (Kancil) telah menunjukan buktinya dalam menekan sampah rumah tangga.

Sebelumnya sukses mengentaskan sampah di lingkungan RT01/04 Kelurahan Sukamaju, Cilodong, kini Rumah Kreatif Pepes Kancil mulai melebarkan sayap. Warga RT07/01 Kelurahan/Kecamatan Cilodong mulai bergabung.

Ketua RT07/01, Danton, mengatakan, warganya sangat tertarik dengan program yang dijalankan rumah kreatif. Menurutnya, selain persoalan sampah terentaskan, warga juga merasa terbantu untuk membuang sampah.

“Selama ini warga pada bingung buang sampah, karena tidak ada petugas sampah yang keliling. Biasanya warga membuang sampah di lahan kosong,” kata Danton.

Ketua sekaligus Pendiri Rumah Kreatif Pepes Kancil, Roby, mengatakan, rumah pepes diharapkan dapat menjadi solusi atas persoalan sampah di Kota Depok. “Alhamdulillah, dari setiap RT yang ikut rumah kreatif ini jumlah sampah yang dibuang ke TPA 0%,” kata dia.

Baca Juga  Dihadiri Walikota Depok, Hingga Santuni Anak Yatim

Saat ini baru ada 3 RT di Kelurahan Cilodong dan 2 RT di Kelurahan Sukamaju, yang bergabung dengan rumah kreatif. “Keterbatasan sarana dan prasarana yang membuat kami masih belum menyebarluaskan keanggotaan rumah kreatif ini,” lanjut Roby.

Rencana kedepan Rumah Kreatif Pepes Kancil dapat diikuti seluruh kecamatan. Sehingga persoalan sampah dapat selesai dan harapan Walikota Depok mengenai Zero Waste City dapat terwujud.

“Untuk jangka menengahnya minimal kelurahan se-Kecamatan Cilodong dapat ikut semua,” tutup Roby. (ade)