yamaha-nmax

SEHAT, SEHAT, SEHAT: Anggota Klub Senam Seroja, berolahraga di halaman kantor Kelurahan Curug. Foto:ricky/radaradepok

Menindaklanjuti keinginan masyarakat dan mengaplikasikan Depok Sahabat Lansia, aparatur Kelurahan Curug, Cimanggis, bersama kader PKK membentuk dan memfasilitasi Klub Senam Seroja untuk latihan tiap Jumat di halaman kantor kelurahan setempat.

Laporan: RICKY JULIANSYAH

Alunan musik bertempo sedang, terdengar membahana di halaman kantor Kelurahan Curug, Cimanggis, pada Jumat pagi. Lahan yang sedianya dipergunakan untuk tempat parkir, kali ini dipergunakan masyarakat berlatih senam bersama.

Tidak kurang dari 30 peserta, mulai dari kader PKK hingga masyarakat se-Kelurahan Curug, ambil bagian dalam senam yang dikhususkan untuk lansia. Hari itu pertama kali mereka berlatih di halaman kantor kelurahan.

Latihan yang dikhususkan bagi lansia itu, tidak hanya sebatas ikut-ikutan. Sebab, mereka juga membentuk wadah untuk menaungi senam mereka, yakni Klub Senam Seroja yang merupakan kepanjangan dari Sehat Rohani dan Jasmani.

Pembina Klub Senam Seroja, Yuliani mengatakan, kegiatan senam ini diikuti kader PKK dan masyarakat setempat. Sedangkan usia mereka berkisar antara 40 hingga 60 tahun.

“Kami membentuk klub senam Seroja. Ini latihan perdana kami. Nantinya akan rutin tiap Jumat pagi,” tutur Yuliana yang juga Ketua PKK Kelurahan Curug, Cimanggis.

Istri dari Purwadi ini melanjutkan, dibentuknya klub senam ini berangkat dari kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Sehingga, untuk menjaga kebugaran meski usia lanjut, maka mereka berlatih senam bersama.

Untuk instrukturnya sendiri pun, berasal dari masyarakat dan secara sukarela mengajarkan anggota Klub Senam Seroja tanpa dipungut bayaran.

“Semuanya dari masyarakat untuk masyarakat. Alhamdulillah antusiasnya bagus, untuk pertama latihan diikuti sekitar 30 orang. Semoga kedepannya semakin banyak yang ikut,” ucap Yuliana.

Lurah Curugh, Purwadi menambahkan, klub Senam Seroja ini merupakan keinginan masyarakat. Sehingga, pihaknya memfasilitasi tempat latihan dan pembentukan kepengurusannya.

“Ini terbentuk dari bawah. Dari 11 RW yang ada di Kelurahan Curug. Saya memfasilitasi tempat dan insya Allah untuk mereka minum. Kedepannya, ketika ada perlombaan, kami akan mengikutsertakan mereka. Sehingga ada motivasi untuk terus sehat dan menghidupkan kelurahan Curug dengan senam,” ucap Purwadi. (*)