TERCEMAR LAGI: Kondisi Situ Cilodong kembali banyak tumpukan sampah. ADE/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

 

TERCEMAR LAGI: Kondisi Situ Cilodong kembali banyak tumpukan sampah. Foto : Ade/Radar Depok

KALIBARU – Situ merupakan tempat wisata air yang sedang dikembangkan di Kota Depok. Namun, pengembangan tersebut tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat akan kebersihan setu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Cilodong, Burhanudin Abuy, mengatakan di situ tersebut dijaga oleh orang yang langsung dipekerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane-Ciliwung (BBWSCC).

“Setiap hari para petugas tersebut berjaga di lingkungan Situ Cilodong,” katanya.

Menurut Abuy, endapan sampah di beberapa titik di Situ Cilodong merupakan sampah kiriman. “Ada oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah ketika berkunjung. Tapi hingga kini belum pernah tertangkap basah,” lanjutnya.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kelestarian situ, Abuy bersama para pengurus Pokdarwis Situ Cilodong sudah berusaha semaksimal mungkin mensosialisasikan kepada pengunjung.

“Setiap kali kami berkunjung ke situ, pasti memberikan imbauan kepada pengunjung agar tidak membuang sampah di situ,” ungkap Abuy.

Pokdarwis akan membuat tempat sampah di beberapa titik. “Memang di situ belum ada tempat sampah. Nanti akan ditempatkan beberapa tempat sampah,” tambah Abuy.

Mengenai kondisi saat ini, Abuy sesegera mungkin akan melakukan kerja bakti membersihkan situ. “Saya juga belum sempat mengecek sesegera mungkin akan kami bersihkan,” katanya.

Petugas kebersihan Situ CIlodong, Kujang S, menyayangkan masih adanya sampah, padahal dirinya kerap kali membersihkan situ.

“Kadang ada sampah kiriman dari inlet. Saya belum pernah menemukan pembuang sampah sih. Tapi kalau ada pasti ada sanksi,” kata Kujang. (ade)