Foto: Indah/Radar Depok EDUKASI: Satgas Srikandi Unit PPA Polresta Depok mengenalkan bahaya narkoba dan pencegahan terhadap tindak kejahatan di hadapan siswa kelas 5 dan 6 SDN Cilodong 1.
yamaha-nmax

 

EDUKASI: Satgas Srikandi Unit PPA Polresta Depok mengenalkan bahaya narkoba dan pencegahan terhadap tindak kejahatan di hadapan siswa kelas 5 dan 6 SDN Cilodong 1. Foto: Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Kejahatan kepada anak di bawah umur akhir-akhir semakin marak. Melihat fakta tersebut, Satgas Srikandi Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Depok mengadakan program penyuluhan bahaya narkoba dan pencegahan terhadap tindak kejahatan. SDN Cilodong 1 menjadi sekolah pertama yang mendapat penyuluhan.

“Tahun 2017 ini, kita, Satgas Srikandi PPA Polresta Depok, for the first time ke sekolah. SDN Cilodong 1 baru yang pertama kami datangi. Nanti setiap harinya kami akan berkeliling ke sekolah-sekolah di Kota Depok untuk mengadakan penyuluhan dan bimbingan,” kata anggota Satgas Srikandi, Bripda Kartika, ditemui di SDN Cilodong 1 Jalan Raya Jakarta-Bogor Km 39, Kelurahan/Kecamatan Cilodong.

Isi penyuluhan di antaranya, para siswa tidak diperbolehkan menerima pemberian permen, mengikuti arahan, dan diajak pergi ke tempat sepi oleh orang yang tidak dikenal. Siswa juga diajarkan cara menolak atau berkata “tidak” jika dipaksa melakukan tindak kejahatan.

“Jangan percaya pada orang yang baru dikenal. Apalagi diajak ke tempat sepi, dipegang bagian tubuh tertentu. Menolak semua perintah yang tidak baik walaupun dari orangtua, guru atau teman. Berani untuk mengatakan “tidak”, atau jika dipaksa teriak tolong dan lari,” pesan Bripda Kartika.

Bripda Kartika berharap tindak kejahatan terhadap anak bisa dikurangi. “Jika mendapati anak atau perempuan yang menjadi korban kejahatan bisa menghubungi Unit PPA Satgas Srikandi Polresta Depok di nomor telepon 081319902003,” kata Kartika. (cr1)