Febrina/Radar Depok UNGGULAN : Pemilik Gerai Rumah Jagung, Ratna Nur Secha memperlihatkan salah satu produk UMKM Kota Depok yang dijual disana.
yamaha-nmax
UNGGULAN : Pemilik Gerai Rumah Jagung, Ratna Nur Secha memperlihatkan salah satu produk UMKM Kota Depok yang dijual disana. Febrina/Radar Depok

DEPOK–Produk UMKM Kota Depok semakin beragam dan memiliki citra rasa tersendiri. Gerai Rumah Jagung di Jalan Sentosa Raya no14 misalnya. Toko ini menyediakan 30 jenis produk UMKM Depok, diharapkan dapat memudahkan warga untuk mencari makanan dan oleh-oleh.

“Tadinya saya hanya menjual produk buatan sendiri, namun alangkah lebih menarik jika sama-sama memasarkan aneka produk UMKM lainnya yang kini ada sekitar 30 jenis,” ujar Pemilik Gerai Rumah Jagung, Ratna Nur Secha kepada Radar Depok.

Ratna menambahkan, Gerai Rumah Jagung ini merupakan gerai yang menyediakan berbagai aneka macam makanan dan minuman khas produksi lokal, ada sekitar 30 UMKM yang menjual produknya baik makanan maupun minuman.

Produk yang dijual sendiri ada banyak macam, antara lain adalah puding jagung chocomaize, bubur jagung porrimaize, snack ulat sutra ibu koki, Dhi-Chie kunyit asam, kentang kering, arem-arem, keripik singkong ketan, sambal nusantara, peyek kacang rebon, kering tempe, risoles, lapis talas, brownies singkong, dan aneka kue kering. Sementara untuk minuman juga ada juice, frozen juice dan juga minuman tradisional kunyit asam.

“Untuk harga beraneka ragam namun masih terjangkau, mulai dari Rp7 ribu sampai Rp60 ribu. Jangan khawatir karena produk yang dijual di sini sudah memiliki PIRT dan juga label halal, jadi sudah terjamin,” tegasnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota yang terus memberikan binaan, terhadap para UMKM melalui berbagai pelatihan.

Dan juga pelayanan terhadap urusan PIRT serta juga sertifikasi halal. Selain itu, dukungan juga diberikan dengan melibatkan produk gerai Rumah Jagung, untuk menyediakan snackbox saat ada seminar atau buah tangan jika ada kunjungan dari Pemerintah Daerah lain.

“Itu bisa menjadi promosi juga bagi kami, misal dengan produk kami menjadi buah tangan, berarti produk kami bisa sampai ke daerah lain juga. Intinya kami ingin dukungan dari Pemkot ini bisa terus menerus demi kelangsungan UMKM Depok,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, M Fitriawan mengatakan, memasarkan produk UMKM diupayakan dengan berbagai cara. Baik di gerai-gerai seperti ini, secara online maupun dibeberapa supermarket yang ada di Depok.

Namun untuk di gerai biasanya lebih memudahkan masyarakat dalam menjangkaunya. Lokasinya bisa disesuaikan dan harganya jelas lebih terjangkau. Produknya pun bisa lebih beragam baik secara produk maupun kemasan. “Kami selalu mendukung pelaku UMKM dengan produk unggulannya,” tutup Fitriawan.(ina)