RICKY/RADAR DEPOK UJI ADRENALIN: Anggota Sekber Sahabat Ciliwung berlatih bersama Kang Dudi, pemilik operatur Arung Jeram Kalibaru Rafting, Bogor.

 

UJI ADRENALIN: Anggota Sekber Sahabat Ciliwung berlatih bersama Kang Dudi, pemilik operatur Arung Jeram Kalibaru Rafting, Bogor. Foto: Ricky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Keseriusan Sekretariat Bersama (Sekber) Sahabat Ciliwung untuk mewujudkan ekowisata di Sungai Ciliwung tidak diragukan lagi. Guna menunjang kemampuan personilnya saat memandu wisatawan, mereka mengadakan pelatihan di pemilik operatur Arung Jeram Kalibaru Rafting di Kali Baru, Bogor.

“Kami berlatih di tempatnya Kang Dudi, ia pemilik operator Arung Jeram Kalibaru Rafting. Alhamdulillah, Kang Dudi mau menerima dan membagikan ilmunya untuk kami,” kata Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat, kepada Radar Depok, kemarin.

Latihan yang diikuti 18 anggota Sekber Sahabat Ciliwung tersebut, antara lain water rescue, Pelatihan Skiper, pelatihan pemandu wisata arung jeram.

“Seluruh anggota, nantinya harus mahir dalam keahlian-keahlian itu. Karena untuk menunjang pelaksanaan ekowisata di Ciliwung Depok,” jelasnya.

Menurutnya, di Kalibaru memang jeramnya lebih menantang, ketimbang Ciliwung Depok. Tapi Ciliwung menawarkan ekowisata yang tidak kalah menarik dari tempat-tempat rafting lainnya.

“Yang kami tawarkan ekowisatanya, setelah dari Ciliwung harapan kami para wisatawan dapat bertambah ilmunya dan semakin sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Hidayat.

Anggota Sekber Sahabat Ciliwung, Dian Maulana menambahkan, pelatihan ini memang rutin dilaksanakan Sekber Sahabat Ciliwung, karena pihaknya ingin mewujudkan ekowisata Ciliwung yang benar-benar safety untuk pengunjung.

“Kemampuan para personil saat ini sudah cukup baik, kami pun dibantu beberapa komunitas yang berkaitan dengan lingkungan maupun hobi,” kata Dian. (cky)