Foto: Ade/Radar Depok BERI PEMAHAMAN: Sekda Kota Depok, Harry Prihanto (ketiga kanan), memberikan arahan kepada ASN Kecamatan Cilodong.

 

BERI PEMAHAMAN: Sekda Kota Depok, Harry Prihanto (ketiga kanan), memberikan arahan kepada ASN Kecamatan Cilodong. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Harry Prihanto, menginginkan seluruh kecamatan dan kelurahan agar dapat berbenah dalam memberikan pelayanan. Menurutnya, kecamatan dan kelurahan merupakan wajah Walikota.

“Sebagus apapun program Walikota, bila kelurahan dan kecamatannya tidak baik maka sama saja. Harus ada perbaikan,” ujar Harry.

Harry mengunjungi Kecamatan Cilodong dalam rangka silaturahmi sekaligus sosialisasi mengenai kecamatan yang baik dalam pelayanan terhadap masyarakat di depan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Cilodong, Mulyadi, mantan Sekcam Cilodong, Sjaifudin, Sekcam Cilodong, Sudjono, dan para lurah beserta staf kecamatan.

Harry menambahkan, kecamatan dan kelurahan diharapkan bisa menjadi perpanjangan Walikota dalam melayani masyarakat maupun dalam mewujudkan program unggulan Walikota.

“Misalnya, Walikota punya program Kota Layak Anak, jika kecamatan dan kelurahan tidak memahaminya dengan baik, maka program tersebut tidak akan dapat diwujudkan,” katanya.

Menurut dia, selama ini kelurahan dan kecamatan tidak turut andil dalam penyerapan anggaran. “Sampai saat ini anggaran untuk kecamatan dan kelurahan sama semua. Padahal jika kecamatan dan kelurahan dapat menunjukkan program yang baik, anggaran dari pemkot masih tersedia,” sambungnya.

Ia mencontohkan, selama ini kecamatan dan kelurahan hanya menganggarkan mengenai pembangunan infratruktur, namun pembangunan manusia jarang dicantumkan dalam anggaran Musrenbang.

“Indeks pertumbuhan manusia (IPM) merupakan aspek penting di masyarakat. Jangan hanya pembangunan infrastruktur saja yang diperhatikan,” bebernya.

Di kesempatan yang sama, Camat Cilodong, Mulyadi, mengatakan, kehadiran Sekda di samping menambah wawasan juga mempererat tali silaturahmi.

“Terlebih saya baru menjabat di sini (Kecamatan Cilodong). Mudah-mudahan dapat menjadi referensi saya dalam menjabat, juga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan yang hadir, khususnya para lurah dan staf,” kata Mulyadi. (ade)