Febrina/Radar Depok PENTING : Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 sangat penting bagi pembangunan yang tepat.

 

PENTING : Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 sangat penting bagi pembangunan yang tepat. Foto : Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BAPPLITBANGDA) Kota Depok melaksanakan forum konsultasi rencana kerja pembangunan daerah (RKPD). Tujuan diadakan ini untuk menjaring aspirasi serta harapan pembangunan dari masyarakat, dan stakeholder Kota Depok pada tahap awal penyusunan rencana kegiatan pemerintah daerah. Hal tersebut dikatakan Kepala BAPPLITBANGDA Kota Depok, Hardiono kepada Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, ini sangat diperlukan agar pihak Pemkot dapat lebih fokus, dan lebih tepat sasaran untuk capaian target-target pembangunan yang ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok. Tak hanya infrastruktur, masalah perekonomian juga akan ditargetkan untuk kurangi kemiskinan.

“Kita perhatikan masukan masyarakat dan stakeholder, makanya perlu masukan dari masyarakat yang nantinya akan disesuaikan dengan RPJMD,” ujar Hardiono.

Baca Juga  Berupaya Meningkatkan Kesejahteraan Wong Cilik

Hardiono menambahkan, upaya-upaya wirausaha kemandirian nantinya menjadi salah satu ajuan yang banyak disuarakan. Beberapa pembangunan seperti penyelesaian RSUD Kota Depok masih terus dilakukan. Rencananya juga ingin membuat jalan tembus Juanda sejajar tol sampai dengan Cinere jika anggarannya memungkinkan. Rencananya lima tahun sudah ada progres. Selebihnya masih kepada infrastruktur jalan di beberapa titik baik di pusat kota hingga ke kelurahan dan kecamatan. “Nantinya pelatihan untuk peningkatan perekonomian masyarakat juga akan banyak dilakukan,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyampaikan, pentingnya pembahasan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018. Pradi menilai, RKPD tahun 2018 merupakan dokumen penting dalam perencanaan yang di dalamnya memuat kerangka pembangunan daerah.

Baca Juga  Rumah Wartawan Disatroni Maling

“Forum ini sangat tepat dan strategis untuk mendapatkan berbagai masukan dalam penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini harus dipahami oleh semua pihak baik OPD, camat dan lurah selaku pejabat wilayah. Dikatakannya, forum ini membahas mengenai rencana pembangunan dan juga isu-isu strategis di tiap wilayah sehingga kebutuhan masyarakat di tiap wilayah dapat tersalurkan sengan baik. Untuk itu dirinya meminta kepada para pihak yang hadir untuk bisa mensosialisasikan hasil dari rapat ini kepada pihak-pihak terkait di satuan kerja masing-masing.

“Yang pasti hasil di sini akan dibawa ke OPD juga, begitu pun dengan camat dan lurah. Semua memiliki proses dan diharapkan proses ini bisa berjalan dengan baik,” tutup Pradi.(ina)

Baca Juga  Disdagin Targetkan Latih 2.750 Jiwa