DICKY/RADARDEPOK SIAP TEMPUR : Kasat Pol PP Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin (kiri) saat mengecek mesin kendaraan di halaman depan kantor Satpol PP, guna mendukung setiap kegiatan, kemarin.
yamaha-nmax
SIAP TEMPUR : Kasat Pol PP Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin (kiri) saat mengecek mesin kendaraan di halaman depan kantor Satpol PP, guna mendukung setiap kegiatan, kemarin. Foto: Dicky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Melihat mobilitas kerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok yang padat. Kemarin, sepuluh kendaraan operasional Satpol PP diperiksa. Pemeriksaan tersebut guna mendukung kegiatan Satpol PP dalam melaksanakan penegakan Peraturan Daerah (Perda).

Kasat Pol PP Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin mengatakan, pengecekan kendaraan dilaksanakan rutin disela kegiatan Satpol PP. Dudi menilai, kendaraan merupakan salah satu faktor pendukung dalam kegiatan Satpol PP baik dalam kegiatan rutin maupun dalam penegakan Perda penertiban.

“Ada sepuluh kendaraan yang kami cek. Baik itu kondisi mesin maupun hal pendukung lainnya,” ujar Dudi kepada Radar Depok, kemarin.

Dudi mejelaskan, sepuluh kendaraan tersebut diantaranya tujuh kendaraan roda empat dan tiga roda enam. Pemeriksaan kendaraan operasional dititik beratkan pada pengecekan kondisi mesin. Menurutnya, apabila kondisi mesin terjaga dengan baik dan selalu diperhatikan, akan mempermudah Satpol PP ditengah mobilitas kegiatan yang tinggi.

Selain itu, sambung Dudi perawatan kodisi mesin akan memperpanjang usia kendaraan. Sehingga saat tengah bertugas, tidak ada kejadian yang tidak diinginkan berasal dari kendaraan operasional.

Dudi meminta, anggota yang ditugaskan bertanggung jawab terhadap kendaraan operasional, dapat menjaga kendaraan seperti layaknya kendaraan sendiri, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan kendaraan operasional.

“Kami akan terus melaksanakan pengecekan kondisi mesin setiap bulannya, dan mengarahkan anggota guna memberikan laporan terhadap kendaraan operasional,” terang Dudi.

Kabid Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pengamanan Pengawalan Satpol PP Kota Depok, Diki Erwin menuturkan, menjalankan tugas menegakan Perda Kota Depok, dan tugas pokok Satpol PP.

Selain anggota yang tangguh, diperlukan kendaraan operasional guna mendukung disetiap kegiatan Satpol PP. Untuk itu, perlu perawatan rutin kendaraan operasional.

“Hampir disetiap kegiatan, kami selalu menggunakan kendaraan operasional sehingga dibutuhkan perawatan kendaraan,” ucap Diki.

Diki mengatakan, penerapan kedisiplinan bukan hanya kepada anggota. Namun kedisiplinan perlu diterapkan kepada anggota yang telah diberi amanah terhadap kendaraan dinas. Selain rutin mengecek mesin kendaraan, menjaga kebersihan dan memarkirkan kendaraan dalam posisi safty perlu diperhatikan.

“Guna mendukung kegiatan Satgas, dibutuhkan kendaraan tanggung dan handal yang selalu siap tempur dalam menjalankan tugas,” tandas Diki. (dic)