Foto: RAMA/RADAR DEPOK CEK LOKASI: Lurah Sukmajaya (kanan) dan Ketua LPM (ketiga kanan), mendampingi Kabid Kebudayaan dan Pariwisata (tengah) melihat dermaga permainan di Situ Studio Alam, kemarin.
yamaha-nmax

 

CEK LOKASI: Lurah Sukmajaya (kanan) dan Ketua LPM (ketiga kanan), mendampingi Kabid Kebudayaan dan Pariwisata (tengah) melihat dermaga permainan di Situ Studio Alam, kemarin. Foto: Rama/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Potensi Situ Studio Alam jadi tempat pariwisata cukup menjanjikan. Lokasinya yang strategis dan teduh kerap jadi tempat kongkow warga. Sayangnya, potensi yang dimiliki situ yang berada di RW09 Kelurahan Sukmajaya, belum dimanfaatkan Pemkot Depok dengan optimal.

Kedepannya, pihak Kelurahan Sukmajaya dengan LPM ingin mengembangkan situ tersebut. Sebagai langkah awal, kemarin Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Yelis Rosdiana bersama Lurah dan Ketua LPM Kelurahan Sukmajaya mengecek dermaga permainan yang kini mangkrak.

“Usulan bisa lewat Musrenbang OPD tingkat kecamatan. Kalau situ ini mau dikembangkan akan kita mulai,” kata Yelis.

Menurut dia, pihaknya akan mengalokasikan anggaran untuk perbaikan dermaga dan sarana perahu bebek-bebekan yang sudah ada.

“Ini tinggal diperbaiki saja. Kalau untuk situnya berkoordinasi dengan Dinas PU (Pekerjaan Umum, red),” kata Yelis.

Ketua LPM Kelurahan Sukmajaya, Anwar Yudiono, menambahkan, di samping perbaikan sarana dermaga, pihaknya juga akan mengevaluasi kinerja Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Studio Alam.

“Pokdarwis juga akan kita reorganisasi dalam rangka pengembangan situ. Karena yang saya lihat, pengurus Pokdarwis kurang berjalan,” katanya.

Pengembangan situ ini akan diusulkan dalam Musrenbang 2017. Termasuk normalisasi atau pengerukan. “Bisa kita optimalkan asalkan pemerintah serius. Realisasi bisa 2018 atau di ABT-kan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar, mengatakan, Situ Studio Alam sangat berpotensi sebagai tempat wisata. Jika sudah dikelola dengan baik, Munandar yakin dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jangka pendeknya bisa dimulai dengan perbaikan dermaga. Sayang kan sudah ada tapi nggak dimanfaatkan. Kemudian baru disusul dengan normalisasi,” kata Munandar. (ram)