MANFAAT: Pimpinan Subulun Najjah, Ustaz Wahono, bersama Yayasan Amanah Takaful mengadakan khitanan massal bagi warga Mekarsari.
yamaha-nmax

 

MANFAAT: Pimpinan Subulun Najjah, Ustaz Wahono, bersama Yayasan Amanah Takaful mengadakan khitanan massal bagi warga Mekarsari. Foto: Istimewa/Radar Depok

CIMANGGIS – Sebanyak 33 anak mengikuti khitanan massal gratis yang diadakan oleh Pesantren Quran Subulun Najjah bekerjasama dengan Yayasan Amanah Takaful (YAT) Jakarta di SDN Mekarsari 3, Perumahan Lembah Hijau, Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Minggu (8/1).

Pimpinan Subulun Najjah, Ustaz Wahono, menjelaskan khitanan massal ini menjadi salah satu upaya Pesantren Quran Subulun Najjah yang berlokasi di Jalan Masjid Baiturrahman, Kp Tipar, RT01/10 Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, untuk berkontribusi bagi warga sekitar Mekarsari.

“Peserta khitanan ini berasal dari anak-anak sekitar pesantren. Dengan khitanan massal ini, Subulun Najjah ingin berperan aktif dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.

Selain itu, membantu meringankan beban masyarakat yang kesulitan dalam mengkhitan anaknya. Para peserta yang dikhitan mendapatkan bingkisan berupa sarung, uang, dan makan siang,” ujar Ustaz Wahono.

Djelaskannya, khitan merupakan sebuah kewajiban bagi anak laki-laki Muslim. Khitan memiliki manfaat untuk menghilangkan najis yang ada dalam kulub setiap anak. Khitan adalah sunnah Rasulullah dan juga mengikuti Nabi Ibrahim.

“Dari sisi medis, khitan itu mampu mencegah kangker penis dan juga mencegah problema yang terkait dengan penis. Ini sesuaidengan yang disampaikan oleh dokter pelaksana sunatan massal,” paparnya.

Perwakilan Yayasan Amanah Takaful, Juarti, menyatakan bahwa khitanan massal ini adalah satu dari sekian program kemanusian yang dilakukan oleh Amanah Takaful. “Selain khitanan massal, YAT juga mempunyai program santunan,” ungkapnya.

Salah satu orangtua peserta, Abidin, memberikan apresiasi atas gelaran kegiatan tersebut. Menurutnya, acara khitanan masal ini bagus dilakukan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga acara khitanan massal gratis ini bisa sering dilakukan, mengingat saat ini biaya sunat cukup lumayan mahal. Masyarakat sangat terbantu,” tandasnya. (ram)