RICKY/RADAR DEPOK SISI LAIN: Anggota Koramil Cimanggis merapikan tanaman cabai di markasnya, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Cimanggis, kemarin.
yamaha-nmax

 

SISI LAIN: Anggota Koramil Cimanggis merapikan tanaman cabai di markasnya, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Cimanggis, kemarin. Foto: Ricky/Radar Depok

Koramil Cimanggis Budidaya Pohon Cabai di Saat Harga Kian Melambung

Tingginya harga cabai, baik di pasar tradisional dan modern, membuat Koramil 06/Cimanggis membudidayakan pohon cabai di halaman belakang markas mereka di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Cimanggis.

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Setelah apel rutin tiap pagi, anggota Koramil Cimanggis, langsung ke belakang markas mereka. Sebab, sejak Senin (9/1) Koramil pimpinan Mayor Inf Hari Sistiyono mendapat pohon cabai untuk dipelihara di halaman belakang. Beberapa personil ada yang memotong daun kering di pohon cabai yang tertanam di pot, sisanya merapikan pohon cabai yang ditaruh di polybag.

Danramil Cimanggis, Mayor Inf Hari Sistiyono mengatakan, penanaman pohon cabai ini berdasarkan instruksi dari pimpinan. Sebab, harga cabai beberapa waktu lalu melambung. “Mungkin ada yang gagal panen atau sedikit panennya, karena kendala cuaca yang tidak menentu,” kata Hari.

Danramil menjelaskan, bibit pohon cabai didapat dari pertanian Kelurahan Leuwinanggung Tapos, sebanyak 24 pohon yang ditaruh kedalam pot. “Usianya sekitar 4 bulan dan perkiraan sebulan lagi panen,” tutur Hari.

Kemudian, ada yang lebih kecil dan ditaruh dipolibag sebanyak 150 pohon dengan perkiraan usia tanaman sebulan. Nantinya, tumbuh kembang pohon cabai tersebut akan dimonitor tiap harinya oleh anggota piket. Sehingga, pohon tersebut terawat dan terpantau perkembangannya dengan baik.

“Setelah panen, nanti akan dinikmati bersama. Anggota butuh cabai, silahkan ambil. Ini juga sebagai salah satu wujud ketahanan keluarga, karena meminimalisir pengeluaran rumah tangga,” ucap Hari. (*)