yamaha-nmax

RADAR DEPOKCOM – Saat ini telah banyak dikembangkan produk kosmetik yang menggunakan bahan alami yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Salah satu hewan yang telah digunakan adalah bekicot. Siapa sangka, ternyata lendir bekicot yang terlihat menjijikan memiliki manfaat bagi kulit. Bekicot (Achatina fulica) merupakan salah satu jenis hama tanaman baik di perkebunan dan pekarangan rumah.

“Lendir bekicot bisa dijadikan kosmetik karena baik untuk kulit wajah,” ujar Mahasiswi Universitas Al Azhar Indonesia, Farhani kepada Radar Depok.

Farhani menambahkan, selain menjadi hama hewan ini telah banyak dimanfaatkan sebagai sumber protein, pakan untuk ternak, maupun perawatan dan penyembuhan untuk kulit. Tidak hanya bagian tubuhnya saja tetapi lendir siput juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menangani luka pada kulit serta sebagai pelembab kulit dan anti aging agent.

Perusahaan-perusahaan kosmetik di dunia telah melakukan riset terhadap lendir siput khususnya siput kebun sebagai bahaan dasar kosmetik. Lendir siput kebun berwarna bening keruh dan mengandung beberapa senyawa seperti allantoin, elastin, asam glikolat, antibiotik peptida, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Menurut Vieria (2009) dalam Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences terdapat juga kandungan senyawa Glycosaminoglycan (GAG) pada lendir bekicot yang berperan dalam menjaga jaringan penghubung antar sel.

“GAG merupakan komponen penyusun kulit bersama kolagen dan elastin yang menjaga elastisitas kulit,” tutupnya.(mg1)