Febrina/Radar Depok MEMBERIKAN ARAHAN : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat upacara hari kesadaran di lapangan balaikota Depok.
MEMBERIKAN ARAHAN : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat upacara hari kesadaran di lapangan balaikota Depok. Foto : Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Dalam upacara Hari Kesadaran di Lapangan Balaikota Depok. Kemarin, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengingatkan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini, bisa menjadi salah satu faktor penyebab datangnya penyakit. Oleh karena itu seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kota Depok diimbau, agar terus menjaga kebersihan dan kesehatan, supaya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih optimal. ASN agar terus menerus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan membiasakan olahraga rutin, pola makan yang bergizi, beragam, seimbang dan aman.

“Menjaga kebersihan rumah dan sanitasi lingkungan, salah satunya adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk, juga harus diperhatikan,” ujar Pradi kepada Radar Depok, kemarin.

Baca Juga  Berkenalan dengan Danramil 05 Sawangan, Kapten Inf Maman Jaya (2) : Kawal Kediaman Danrem di Ambon

Pradi melanjutkan, hal itu perlu dilakukan untuk mencegah bertambahnya populasi nyamuk agar tidak menjadi faktor penyebaran aneka penyakit. Di samping itu, pemberantasan sarang nyamuk dapat dilakukan dengan melakukan langkah 3 M yaitu, menguras, menutup dan mengubur.

“Saya berharap segenap aparatur Pemerintah Kota Depok dapat memberikan contoh kepada masyarakat, dan secara kolektif membentuk juru pemantau jentik, atau yang sering disebut jumantik. Seperti yang pernah dilakukan tahun lalu,” paparnya.

ASN juga harus waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari prediksi cuaca selama seminggu mendatang, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan lain-lain.

Dengan semangat dan kesadaran yang tinggi, untuk mewujudkan Kota Depok menjadi kota yang bersih dan hijau melalui kegiatan nyata, maka Adipura akan diraih.

Baca Juga  PUPR Bacakan Ayat-ayat Al-quran

“Perolehan Adipura hanya bonus, yang penting bagaimana kita mewujudkan kota yang unggul, nyaman, asri dan masyarakatnya sejahtera. Itulah harapan kami,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies soal PHBS juga terus mengingatkan. Kondisi perubahan cuaca tidak akan berdampak negatif jika memang lingkungan sekitar dan kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Misalnya dililngkungan rumah maupun kantor harus bebas dari sampah yang berserakan.

Juga mengkonsumsi asupan yang gizinya seimbang. Serta tentunya tidak merokok, karena mampu mengurangi kesehatan diri. Bagi anak-anak diusia sekolah jangan lupa menambahkan vitamin dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah. “Intinya asupan dan lingkungan harus diperhatikan,” tutup Lies.(ina)