Foto: Ist/Radar Depok MENJELANG: Tibo Monbesa (kanan) dan petinju asal Filipina Rene Patilano (kiri) usai acara penimbangan berat badan di Gelanggang Olahraga Cendrawasih, Jumat (20/1/2017).
yamaha-nmax
MENJELANG: Tibo Monbesa (kanan) dan petinju asal Filipina Rene Patilano (kiri) usai acara penimbangan berat badan di Gelanggang Olahraga Cendrawasih, Jumat (20/1/2017). Foto: Ist/Radar Depok

RADA DEPOK.COM – Petinju tanah air Tibo Monabesa (26) akan berhadapan dengan petinju asal Filipina Rene Patilano dalam Kejuaraan Tinju WBC Silver Internasional di kelas terbang junior dengan berat badan 49 kilogram.

Pertarungan ini akan dihelat di Gelanggang Olahraga Cendrawasih, Cengkareng, Jawa Barat, Sabtu (21/1/2017).

Tibo yang dijuluki Ill Duce ini akan menapaki jenjang karier sebagai petinju kelas dunia.

Petinju dari sasana Armin Tan Tangerang tersebut membidik target juara dunia di bawah pelatih berpengalaman Armin Tan yang merangkap sebagai promotor.

“Paling tidak dalam setahun Tibo harus bertanding melawan tiga petinju internasional sebelum bisa mengikuti kejuaraan dunia,” kata Armin Tan saat acara penimbangan berat badan di Jakarta, Jumat (20/1).

Patilano adalah petinju pertama yang akan melawan Tibo di atas ring. Pertarungan ini juga sebagai penanda dicabutnya sanksi dari Dewan Tinju Dunia (WBC) untuk Indonesia. Sejak 2013, Indonesia mendapat sanksi dari WBC menyusul kematian petinju muda Tubagus Setia Sakti.

Sebelum Tibo tanding, adapun delapan partai tambahan dari petinju-pentinju nasional seperti Jhon ‘Fox’ Rubah, Defri Palulu, Arief Bleder, Ilham ‘Flanker’ Leoisa, Kichang Kim, dan lain-lain. (trb)