RAMAI: Kelurahan Bojongsari kemarin, merupakan salah satu kelurahan yang menjadi bagian dari Kecamatan Sawangan. Foto : FERDIAN/RADAR DEPOK
yamaha-nmax
RAMAI: Kelurahan Bojongsari kemarin, merupakan salah satu kelurahan yang menjadi bagian dari Kecamatan Sawangan. Foto : Ferdian/Radar Depok

Desa Bojongsari atau sekarang lebih dikenal dengan Kelurahan Bojongsari,  merupakan salah satu kelurahan dari Kecamatan Bojongsari. Hingga kini belum diketaui dengan pasti kenapa wilayah ini dinamai Bojongsari. Tapi dari beberapa literatur, arti Bojong adalah tanjung atau tanah menjorok ke laut atau sungai. Jika menilik lebih jauh, dahulu Bojongsari hamparan pohon karet.

Laporan: FEBRY FERDIAN

Wilayah Kelurahan Bojongsari pernah menjadi bagian dari Kecamatan Sawangan. Kecamatan Bojongsari lalu memisahkan diri berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 08 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kecamatan di Kota Depok.

Salah satu sesepuh Kelurahan Bojongsari, Romli (61) yang ditemui dikediamannya di Jalan Masjid Nurul Huda, RT1/RW11, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari mengutarakan, daerah Bojongsari merupakan wilayah yang banyak ditumbuhi Pohon Karet. Hal ini tentunya membuat banyaknya warganya yang menjadi penyadap getah karet.

“Sepanjang jalanan Parung-Ciputat dahulu dipinggirnya banyak ditumbuhi pohon karet. Tanah garapannya juga tidak bertuan dan perusahaan pohon karet banyak yang memanfaatkan warga sekitar menjadi buruh penyadap,” jelas dia.

Lahan-lahan perkebunan karet itu kata dia, ada sebelum 1955. Pemilik perkebunan karet ini pun merupakan perusahaan-perusahan besar. “Bahkan Kantor Kelurahan Bojongsari juga dahulunya pohon karet,” ujar anak kepala desa pertama di Bojongsari ini.

Tetapi menurut dia, setelah  melewati tahun 1955 banyak kebun karet yang berubah fungsi. Dari mulai perumahan, bangunan pemerintah, dan lainnya. “Pas bapak saya tidak lagi menjabat kepala desa, banyak lahan yang dijual dan jadi bangunan,” ujar dia.

Saat ini tentunya pembangunan di Bojongsari jauh lebih pesat. Cikal bakal banyaknya pohon karet ditempat tersebut tentunya menjadi saksi bisu perjalananya wilayah yang berada di barat Kota Depok ini.(bersambung)