INDAH/RADAR DEPOK UTAMAKAN KESEHATAN: Siswa TK Kartika XI-7 menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah.

 

UTAMAKAN KESEHATAN: Siswa TK Kartika XI-7 menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah. Foto: Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Taman Kanak-kanak (TK) Kartika XI-7 mewajibkan seluruh siswa membawa bekal dari rumah. Di jam istirahat, pukul 09:00, para siswa menyantap bekal yang dibawa.

Lebih dari 10 tahun program bawa bekal diterapkan. Berawal dari kekhawatiran para pendidik TK Kartika XI-7 melihat jajanan di depan sekolah yang kurang terjamin bahan dan kualitasnya.

“Jajanan di luar sekolah itu kurang baik. Kita tidak tahu bahannya terbuat dari apa dan mengandung apa. Anak-anak itu jika ada jajanan yang menarik perhatian pasti dibeli,” ujar Ajeng Ami Triani, Kepala TK Kartika XI-7, kepada Radar Depok, Kamis (19/1).

Guna menunjang program bawa bekal, sekolah yang berada di kawasan Asrama Divisi 1 Kostrad Cilodong berkoordinasi dengan SDN Kalibaru 5 yang bersebelahan. Pihak pengamanan Kostrad diminta menutup akses para penjual agar tidak berdagang di lingkungan sekolah.

Baca Juga  Padus jadi Unggulan SD Advent

“Kita juga berkoordinasi dengan Provos (Kostrad Cilodong) agar pedagang tidak bisa berjualan lagi di sini,” kata Ajeng.

Selain untuk uang tabungan, amal dan SPP, para siswa pun tidak diperbolehkan membawa uang jajan. “Tujuannya agar murid bisa memakan bekal yang disediakan orangtua dan tidak jajan,” kata Ajeng. (cr1)