Foto: PEBRI/RADAR DEPOK TAMU KHUSUS: Koramil 05 Kecamatan Sawangan, Kapten Inf Ibrahim saat menjadi pembina upacara bendera di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan.
yamaha-nmax

 

TAMU KHUSUS: Koramil 05 Kecamatan Sawangan, Kapten Inf Ibrahim saat menjadi pembina upacara bendera di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Foto: Pebri/Radar Depok

Agenda SMP Muhammadiyah 19 Sawangan untuk Siswa

Perkembangan siswa tidak hanya sekedar karakter yang berisi sikap dan sifat saja. Tetapi, harus ada juga pengawasan untuk karakter dalam kecintaan terhadap Indonesia. SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, juga konsen dengan karakter yang satu ini. Dimana, dalam beberapa kegiatannya diselipkan juga tentang meningkatkan rasa nasionalisme di dalam diri siswa.

Laporan: PEBRI MULYA, Radar Depok

Dengan seragam loreng yang menjadi khas dari tentara, Koramil 05 Kecamatan Sawangan, Kapten Inf Ibrahim berdiri tidak jauh di dekat tiang bendera yang ada di halaman SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Dihadapannya berbaris dengan rapih siswa-siswa dari SMP yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawanan tersebut.

Dengan nada suara yang agak berat, Kapt Inf Ibrahim menyampaikan tentang, peran dari seorang siswa untuk kemajuan dan perkembangan suatu negara. Dimana, sebagai generasi bangsa, tentu harus bisa meningkatkan rasa kecintaan terhadap bangsa Indonesia sejak dini. Tidak hanya di sekolah saja, tetapi cinta terhadap Indonesia dimana saja dan kapan saja.

“Pelajar adalah penentu masa depan sebuah negara. Semakin bagus kualitas dari siswa, maka semakin maju negara tersebut,” ucapnya.

Dia juga menginginkan siswa untuk terus belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Karena dengan belajar, akan mengetahui perkembangan dunia. Salah satu cara belajar adalah dengan membaca. “Banyak pengaruh buruk yang menyebar di masyarakat, sebagai siswa harus bisa memilah mana yang berguna untuk dirinya dan mana yang harus disingkirkan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, Yulianah menuturkan, tidak hanya sekedar Koramil 05 Kecamatan Sawangan saja yang hadir, tetapi ada juga Ketua Cabang Muhammadiyah Kecamatan Sawangan, Matridi. Pihaknya memang sengaja untuk mengundang beberapa pejabat publik untuk menjadi pembina upacara di sekolah.

Karena dengan begitu, siswa akan mengenal dan mengetahui tugas dan peran dari berbagai macam pejabat publik yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu, rencananya, mengundang pejabat publik di kegiatan upacara diadakan sebulan sekali.

“Untuk kali ini kami memang mengangkat rasa nasionalisme. Dan untuk kedepannya, temanya tentu akan disesuaikan dengan pejabat publik yang diundang tiap bulannya,” jelasnya. (*)