Foto: Ade/Radar Depok PAMERAN : Komunitas peduli literasi berkumpul di lembah gurame untuk menyebarkan virus membaca pada anak di Kota Depok.
yamaha-nmax

 

PAMERAN : Komunitas peduli literasi berkumpul di lembah gurame untuk menyebarkan virus membaca pada anak di Kota Depok. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Keprihatinan terhadap menurunya kebiasaan membaca pada generasi sekarang, membuat kelompok pemuda yang tergabung dalam Relawan Baca Buku Taman (RBBT), mengadakan kegiatan yang berbasis pada peduli literasi di Taman Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas.

Kegiatan yang diisi dengan berbagai lomba dan pameran perpustakaan keliling tersebut cukup menyita perhatian masyarakat yang hadir ke taman tersebut.

Relawan RBBT, Wahidah mengatakan, alasan diadakannya acara tersebut karena dirinya sangat prihatin. Di zaman yang serba canggih ini, justru minat baca dikalangan pemuda malah menurun.

“Sekarang anak muda malah lebih suka baca di internet ketimbang baca buku. Padahal informasi di internet sifatnya instan,” ungkap Wahidah kepada Radar Depok, kemarin.

Baca Juga  Sisa 15 Pohon, Berharap Pemerintah Sediakan Lahan Pertanian

Lebih parahnya lagi, bahkan ada beberapa anak muda yang malasmembaca. Mereka lebih suka bermain media sosial.

“jika ini dibiarkan maka akan menciptakan generasi yang buta, dalam artian dia tidak memiliki wawasan yang luas,” ungkap perempuan yang berprofesi sebagai Dosen sosiologi di UPN itu.

Relawan RBBT lainnya, Karisma mengatakan, kegiatan yang bertajuk “ayo baca buku di taman” sengaja diisi dengan berbagai macam perlombaan.

“Ini salah satu cara mendekatkan buku dengan anak-anak. Selama ini setiap hari Minggu, kami hanya menggelar perpustakaan umum di emperan. Kami berharap agar pemkot dapat memberikan fasilitas,” pungkasnya. (ade)