Foto: Febrina/Radar Depok CEGAH PIKUN : Kelompok Peduli Alzheimer Kota Depok menggelar kegiatan mendeteksi dini kepikunan.

 

CEGAH PIKUN : Kelompok Peduli Alzheimer Kota Depok menggelar kegiatan mendeteksi dini kepikunan. Foto: Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Kelompok Peduli Alzheimer (Alzi) Kota Depok menggelar kegiatan mendeteksi dini kepikunan, kemarin. Deteksi dini kepikunan dilakukan dalam rangka menuju otak sehat dan produktif. Setelah dideteksi, sebanyak 60 peserta mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan oleh tim dokter dari Unika Atmajaya Jakarta.

“Deteksi pikun ini sangat penting untuk diketahui, lebih cepat ditangani maka lebih bagus,” ujar Koordinator Alzi Wilayah Kota Depok, Dunanty Sianipar kepada Radar Depok.

Dunanty menungkapkan, pikun karena usia seringkali dianggap  sebagai masalah biasa dan tidak bisa ditolak. Padahal penyakit yang dikenal degan nama demensia ini, sebenarnya dapat dicegah.  Karena demensia merupakan penurunan fungsional otak yang tidak dapat dihindarkan, tetapi dapat dikurangi resikonya.

Caranya dengan mengurangi faktor resiko dan deteksi dini. Deteksi dan diagnosis yang lebih cepat terhadap demensia diyakini dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap tindaklanjut perawatan atau pencegahan.

“Menjadi tua suatu kepastian, menjadi tua yang sehat suatu pilihan. Kita tidak dapat menghentikan namun dapat memperlambat proses penuaan. Memperlambat proses penuaan melalui stimulasi otak, meliputi kegiatan fisik, mental, sosial, gizi  baik. Simulasi otak dapat dimulai sedini mungkin,” tutupnya.(ina)