Foto: Ferdian/Radar Depok TERAWAT: Situs Batu Tapak  di Komplek Wisma Mas, yang berada di RW10 Kelurahan Cinangka nampak terawat.
yamaha-nmax

 

TERAWAT: Situs Batu Tapak  di Komplek Wisma Mas, yang berada di RW10 Kelurahan Cinangka nampak terawat. Foto: Ferdian/Radar Depok

Nama situs Batu Tapak yang berada di RW10 Kelurahan Cinangka rupanya tidak begitu familiar di warga sekitaran. Sebaliknya, malah orang dari luar daerah Depok malah kerap mendatangi situs.

Laporan: FEBRY FERDIAN, Radar Depok

Menjangkau lokasi situs Batu Tapak, harus menelusuri jalanan di Komplek Wisma Mas, yang berada di RW10 Kelurahan Cinangka. Komplek tersebut cukup luas. Letak Batu Tapak yang berada di antara dua rumah di komplek, serta ditambah tidak adanya plang yang menandakan situs tersebut pasti akan kesulitan menemukannya.

Melangkah masuk ke area situs. Beberapa anak tangga menyambut langkah  kaki. Keadaan situs menurut LPM Kelurahan Cinangka,  Suherman Firdaus  jauh lebih baik dari sebelumnya. Perawatan dan pembangunan di area situs yang  baru saja dilakukan memang cukup membuat situs tersebut terawat.

Tetapi sayangnya, banyak warga yang tidak  mengetahui keberadaan situs ini. Beberapa warga sekitar mengaku tidak tahu tentang situs ini. seperti warga RW05, Yanuar yang  mengaku baru mendengar nama situs Batu Tapak. “Kurang tau kalau situs batu tapak dimana,” terang dia sambil tersenyum.

Padahal, menurut Ketua LPM Kelurahan Cinangka, banyak warga dari luat Kota Depok yang berkunjung. Malah menurut penuturan dia, pernah terdapat warga Cirebon yang sengaja menginap di tempat tersebut selama sebulan.

“Banyak  warga luar malah yang datang ke  lokasi situs Batu Tapak. Yang menginap berbulan-bulan juga ada, salah satunya warga Cirebon,” terang dia.

Mereka yang datang kata Herman memiliki banyak tujuan. Tetapi menurut dia yang paling penting ialah lokasi batu tapak ini merupakan peninggalan sejarah yang harus dijaga.(bersambung)