Foto: Ade/Radar Depok BIKIN BINGUNG: Perumahan D'Marco yang berdiri di atas dua kelurahan, yakni Cilodong dan Kelurahan Sukamaju.

 

BIKIN BINGUNG: Perumahan D’Marco yang berdiri di atas dua kelurahan, yakni Cilodong dan Kelurahan Sukamaju. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Batas administrasi kelurahan setiap perumahan haruslah jelas. Namun, karena bentuk tanah yang tidak beraturan membuat batas kelurahan ikut menjadi runyam. Seperti yang terjadi di Perumahan D’Marco.

Humas Perumahan PT. Diamond Land sebagai pengelola D’Marco, Yanto, mengatakan, ada sebagian kavling di perumahan yang tepat di atas perbatasan antara Kelurahan Cilodong dan Sukamaju.

“Ada di Kavling Blok C, bagian depan Kelurahan Sukamaju, bagian belakangnya Cilodong,” kata Yanto.

Ia mengakui akan terjadi kekeliruan bagi warga perumahan untuk mengurus keperluan mengenai data kependudukan. “Makanya, kami ajukan kepada camat agar terpecahkan masalahnya,” kata dia.

Sedangkan Lurah Sukamaju, Sumarna, mengatakan, Perumahan D’Marco yang baru berdiri sebagian besar wilayah masuk ke Sukamaju.

“Sebelumnya memang pemilik dari D’marco sudah datang ke kelurahan agar menegaskan batas wilayah di kompleknya adalah wilayah Sukamaju,” kata Sumarna.

Tidak ingin sepihak, Sumarna akan menaikkan masalah tersebut ke tingkat kecamatan. “Masalah batas wilayah nggak bisa sepihak, karena ada BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang lebih memiliki kewenangan,” kata Sumarna.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Cilodong, Mulyadi, mengaku sudah mengundang beberapa pihak, antara lain BPN, Lurah Cilodong dan Sukamaju serta pengembang perumahan untuk menentukan batas wilayah.

“Setelah melihat site plannya, memang batas tersebut membelah beberapa kavling,” kata Mulyadi.

Setelah disepakati bersama, dari kavling yang bermasalah yakni Blok B dan Blok C, diambil keputusan jika Blok C sebanyak 4 kavling berada di Kelurahan Sukamaju. Sedangkan Kavling Blok B sebanyak 8 kavling berada di Kelurahan Cilodong.

“Perbatasannya adalah jalan yang melintasi kedua blok tersebut,” kata Mulyadi. (ade)