Cegah Kebakaran Sebelum Meluas

In Satelit Depok

 

PENCEGAHAN: Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Depok memberikan penyuluhan dan mitigasi bencana kebakaran kepada warga RW03, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Sebagai kawasan padat penduduk, bahaya bencana kebakaran menjadi ancaman besar. Jika mobil pemadam sulit menjangkau lokasi, kebakaran akan meluas dan menghanguskan lebih banyak rumah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Depok, Yayan Arianto, mengatakan, penyebab kebakaran karena padatnya penduduk yang menghuni suatu kawasan dan sulitnya akses pemadam kebakaran menjangkau lokasi.

“Untuk itu, dibutuhkan keterampilan warga turut membantu. Minimal mencegah penyebaran api meluas,” kata Yayan saat melakukan penyuluhan dan mitigasi bahaya kebakaran di lingkungan RW03 Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung.

Yayan menyebutkan, bencana kebakaran di Kota Depok bertambah setiap tahunnya. Pada 2016 tercatat ada 241 kebakaran, dan 2015 sebanyak 216 peristiwa.

“Ini karena keterbatasan jangkauan petugas pemadam kebakaran dalam mengakses lokasi, sehingga api cepat membesar,” kata Yayan.

Standar nasional jangka waktu tempuh petugas pemadam kebakaran adalah 15 menit dan untuk standar internasional 10 menit.

“Sedangkan waktu tercepat pemadam kebakaran Kota Depok adalah 11 menit, sedangkan api dua menit saja sudah cepat membesar. Untuk itu dibutuhkan keahlian warga melakukan pencegahan dini,” kata Yayan.

Ketua RW03, Mustari, mendapat pengetahuan dan wawasan baru mengenai teknik pemadaman api sebelum membesar.

“Selama ini jika melihat api pasti panik dan langsung telepon pemadam. Tapi ternyata sebelum api membesar ada penanganan awalnya. Itu dijelaskan semua oleh petugas pemadam,” kata Mustari.

Penyuluhan ini diikuti Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) Kelurahan Pondok Jaya dan ketua RT di RW03. (ade)

You may also read!

intan peduli wartawan

Intan Fauzi Peduli Wartawan

BANTUAN : Perwakilan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Intan Fauzi menyerahkan bantuan

Read More...
ridwan kamil sebagian

Ridwan Kamil: Sisihkan Gaji/Tunjangan ASN untuk COVID-19

  RADARDEPOK.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan penyisihan gaji atau tunjangan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di

Read More...
gedung sate di bandung

Desa di Jabar Bergerak Cegah Penyebaran COVID-19

  RADARDEPOK.COM, BANDUNG - Beragam upaya dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan aparatur desa

Read More...

Mobile Sliding Menu