Foto: Ade/Radar Depok SUDAH TRADISI: Genangan setinggi kurang lebih setengah meter terjadi di kawasan Kampung Utan RT02/04, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung.

 

SUDAH TRADISI: Genangan setinggi kurang lebih setengah meter terjadi di kawasan Kampung Utan RT02/04, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Lagi-lagi kawasan Kampung Utan, RT02/04 Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, tergenang. Kawasan yang memang langganan banjir di kala musim penghujan tiba tersebut seolah tak pernah usai.

Padahal diketahui, Pemkot Depok sudah menganggarkan Rp1,3 miliar untuk mengentaskan persoalan banjir di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto, mengatakan, salah satu solusi yang diusulkan masyarakat Kampung Utan yang diwakili lurah dan LPM dengan membuat sodetan untuk mengalirkan air dari daerah genangan ke Kali Pelayangan.

“Kemudian normalisasi drainase dari Perumahan Permata Depok ke Kali Ciliwung,” kata Manto.

Solusi lainnya yaitu meninggikan badan jalan setinggi 50 cm. “Namun karena adanya penolakan dari warga Kampung Rawa Panjang, Kabupaten Bogor, maka disepakati jalan hanya ditinggikan 20 cm,” katanya.

Manto melanjutkan, memang di kawasan Kampung Utan masih ada genangan, terutama di badan jalan. Tapi jika dibandingkan dengan sebelumnya sudah jauh berkurang.

“Sebelum dibangun program solusi banjir tersebut, banjir lama surutnya. Tapi kini cepat surut karena air langsung mengalir melalui sodetan,” katanya.

Menurut Manto, masih tergenangnya wilayah Kampung Utan karena memang seharusnya turap Kali Pelayangan di wilayah Bogor ditinggikan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Bogor. Namun hingga kini turap itu belum dilakukan. Sehingga bila air tinggi air tumpah ke perumahan warga kemudian mengalir ke badan jalan,” kata Manto.

Di bagian lain, Ketua LPM Kelurahan Pondok Jaya, Iman, membenarkan datangnya banjir. Kata dia, solusi banjir Kampung Utan yang dilakukan Pemkot Depok sudah benar, dan imbasnya sangat terasa.

“Dulu sebelum adanya proyek banjir, genangan bisa berjam-jam. Kini dalam waktu tiga jam saja air sudah surut,” kata Iman. (ade)