yamaha-nmax

 

 

Agus Welianto. Ketua Umum Pengda Pordasi Jabar. Foto: Ist/Radar Depok

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) atlet menjadi salah satu program kerja Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jawa Barat di tahun 2017.

 

Hal tersebut menjadi salah satu hasil dari pelaksanaan Rapat Kerja Pordasi Jabar yang digelar di Hotel Prime Park, Jalan PHH Mustofa Kota Bandung, baru-baru ini.

Ketua Umum Pengda Pordasi Jabar Agus Welianto menuturkan, peningkatan kualitas SDM atlet tersebut tidak hanya dari kemampuan secara teknik, namun juga administrasi atlet. Mulai data kelengkapan surat identitas diri hingga pendidikan atlet.

“Berdasarkan pengalaman saat PON XIX kemarin, kita cukup kesulitan ketika melakukan pendataan, seperti saat entry by name dan entry by address, ada atlet yang tidak punya kartu keluarga dan ijazah. Itu akan kita benahi,” kata Agus di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (31/1).

Pihaknya pun akan mendata atlet-atlet berkuda Jabar, mulai dari kelengkapan administrasi, hingga riwayat pendidikannya.

“Kita akan inventarisasi atlet yang tamat SD, SMP, dan SMA. Kita pun akan siapkan semacam paket untuk melanjutkan pendidikan mulai paket A, B, C, dan D,” tambahnya.

Dengan peningkatan pendidikan, diharapkan bisa memberikan sedikit jaminan bagi masa depan atlet yang bersangkutan.

Dengan begitu, saat mendapat tawaran pekerjaan dari pemerintah daerah asalnya, mereka sudah memiliki formalitas ijazah minimal setara SMA. (fjb)