Foto: Febrina/Radar Depok KOMUNIKASI : Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok bersama pemerintah kota (pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok berada di ruang Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna membahas sinergitas kedua belah pihak.

 

 

KOMUNIKASI : Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok bersama pemerintah kota (pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok berada di ruang Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna membahas sinergitas kedua belah pihak. Foto: Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok menyambangi Balaikota Depok, membahas sinergitas antara keduanya, kemarin. Banyak hal yang disampaikan mulai dari perijinan usaha, pelatihan para UMKM hingga bantuan berupa sarana dari para pengusaha yang tergabung didalam Kadin.

Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar menyatakan, Pemkot Depok permudah para pengusaha dalam mengurus izin, karena kini pelayanannya satu pintu. Dan sebagai kerjasama yang baik, nantinya Kadin akan mendorong para anggotanya untuk memberikan sumbangsih dalam membangun Kota Depok.

“Kami akan terus bersinergi bersama pemkot, guna mempercepat pembangunan melalui para pengusaha yang tergabung disini,” ujar Miftah kepada Radar Depok, kemarin.

Miftah mengatakan, saat ini sekitar 500 pengusaha mulai dari kecil hingga besar tergabung didalam Kadin Kota Depok. Bagi usaha-usaha kecil atau pemula nantinya akan diberikan pelatihan. Kadin memiliki Training Centre yang secara gratis memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha baru.

Selain itu, produk-produk UMKM akan dipasarkan ke beberapa titik seperti supermarket, hotel dan lainnya. Sehingga disini terjalin pula koordinasi yang baik antara usaha kecil dengan usaha yang sudah mumpuni.

“Banyak sekali program yang akan kami lakukan, baik dengan pemkot maupun dengan sesama anggota,” jelasnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengungkapkan, untuk membangun Depok, diperlukan sinergitas yang baik antara Pemkot dengan masyarakat, khususnya dengan berbagai stakeholder yang menjadi mitra pemerintah. Karena itu, dirinya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Kadin Depok untuk mendorong pemeintah dalam membangun kota.

“Kami berharap, peran serta dari masyarakat dalam membangun Depok semakin besar. Karena, masyarakat merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari pembangunan kota,” ucapnya.

Selain itu, ia menuturkan, dorongan dari para pengusaha lokal (masyarakat) dapat melalui bentuk pembangunan fisik, maupun investasi. Namun, dia menekankan, investasi yang berasal dari masyarakat tersebut, harus sesuai dengan tata ruang dan blue print yang sudah dibuat oleh pemerintah. Sehingga, tidak terjadi tumpang tindih dalam pembangunan kota.

“Sebagai contoh, saat ini kami sedang menyiapkan wadah untuk menampung hasil dari UKM yang ada di Depok. Kami akan membangun 1000 kios yang akan membutuhkan kerjasama dari semua pihak. Untuk itu, Pemkot Depok akan buat regulasinya, sedangkan pengusaha bisa berinvestasi disana,” tutup Pradi.(ina)