Foto/Ade/Radar Depok BERI MASUKAN: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, membuka Musrenbang Kecamatan Cipayung, kemarin (31/1).
yamaha-nmax

 

BERI MASUKAN: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, membuka Musrenbang Kecamatan Cipayung, kemarin (31/1). Foto/Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Usulan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kelurahan se-Kecamatan Cipayung mencapai kurang lebih Rp9 miliar. Usulan masih didominasi pembangunan infrastruktur.

Camat Cipayung, Asep Rahmat, mengatakan, usulan yang telah masuk menjadi bahan dalam membangun wilayah Kecamatan Cipayung.

“Dominasi masih meliputi perbaikan jalan, drainase dan pengadaan posyandu,” kata Asep dalam sambutannya, kemarin (31/1).

Menurut Asep, keberhasilan Musrenbang kecamatan dapat dilihat dari Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) yang pada tahun ini naik 0,54 persen, menjadi 71,28 persen.

Artinya, setiap usulan tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan IPM Cipayung. “Saya berharap setiap tahunnya IPM di Kecamatan Cipayung terus meningkat. Maka dari itu diharap setiap usulan merupakan aspirasi dari masyarakat,” katanya.

Salah satu yang menjadi harapannya dalam Musrenbang adalah pengembangan kampung industri di Bulak Timur, Kelurahan Cipayung.

“Di sana banyak terdapat potensi-potensi usaha rumahan yang dapat dikembangkan menjadi industri kreatif,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan ruang untuk penajaman setiap usulan yang ada di masing-masing kelurahan.

“Dalam Musrenbang kecamatan ini perlu dilihat segi prioritasnya dengan baik. Apakah itu tepat sasaran atau malah sebaliknya,” katanya.

Dana pemerintah yang diberikan ke masing-masing kelurahan sebesar Rp2 miliar dapat terserap dengan baik dan sesuai kebutuhan di lingkungan.

Di bagian lain, perwakilan kecamatan dalam Musrenbang tingkat kota pada bidang ekonomi, sosial dan budaya, Dudung, mengatakan, pihaknya akan mengembangkan pertanian dan peternakan yang ada di Kecamatan Cipayung.

“Di wilayah Cipayung banyak warga yang berprofesi sebagai petani dan peternak. Mengingat lahan pertanian di Cipayung masih cukup luas,” katanya.

Dari data yang dimilikinya, lahan pertanian di Cipayung mencapai 72 persen dari total wilayah. “Ini harus dikembangkan lebih baik lagi,” kata Dudung.

Musrenbang ini dihadiri anggota DPRD Kota Depok Dapil Kecamatan Cipayung, Sawangan dan Bojongsari, perwakilan Polsek Pancoranmas, Danramil Pancoranmas, OPD terkait, lurah se-Kecamatan Cipayung, kepala UPT se-Kecamatan Cipayung, LPM, dan perwakilan RT, RW. (ade)