Foto: Ferdian/Radar Depok TINGKATKAN OPSIH: Lurah Pontir, Anwar Nasihin dan staf kelurahannya melakukan opsih di salah satu sekolah di Kelurahan Pondok Petir belum lama ini.

 

TINGKATKAN OPSIH: Lurah Pontir, Anwar Nasihin dan staf kelurahannya melakukan opsih di salah satu sekolah di Kelurahan Pondok Petir belum lama ini. Foto: Ferdian/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Ditengah musim hujan yang saat ini terjadi setiap hari. Lurah Pondok Petir (Pontir), Anwar Nasihin, intens mengajak warganya membersihkan drainase lingkungan.

“Di musim penghujan ini, drainase menjadi banyak sampah. Karenanya, dibeberapa kesempatan, saya mengajak warga untuk lebih sering membersihkan drainase,” ujar dia kepada Radar Depok.

Dia mengatakan, drainase yang jarang dibersihkan, berpontesi besar mendatangkan banjir di lingkungan Kelurahan Pontir. Jika hal itu terjadi, masyarakat juga yang akan merugi. Tidak hanya banjir saja, tetapi juga bisa membuat wilayahnya menjadi kumuh.

“Hujan atau cuaca tidak bisa kita hindarkan. Tetapi, dengan menjaga lingkungan, banjir dapat dihindarkan,” ungkap dia.

Menurut Anwar, selain mencegah banjir, menjaga drainase tetap bersih juga mampu mencegah penyakit musim hujan yang kerap berdatangan. Karena, tumpukan sampah adalah sumber dari segala penyakit.

“Hingga saat ini, belum ada laporan tentang penyakit di Pontir, tetapI tetap harus dijaga kondisi yang baik ini. Kami, Kelurahan Bimas dan Babinsa hampir setiap hari keliling untuk melihat kondisi lingkungan. Dengan begiti diharapkan lingkungan dapat terpantau,” ungkapnya.

lebih lanjut kata dia, di Pontir ada satu RW yang memiliki riwayat rawan bencana, yaitu RW12 yang berbatasan dengan Kali Angke. Maka dari itu, pihaknya terus memantau kondisi wilayah, terutama wilayah rawan bencana.

“Meskipun ada permasalahan di RW12, tetapi, kami terus mengatasinya,” jelasnya. (bry)