SERIUS BANGET: Siswa SPMN 13 menjawab soal try out jelang UNBK 2 Mei mendatang. Foto:Indah/Radar Depok
SERIUS BANGET: Siswa SPMN 13 menjawab soal try out jelang UNBK 2 Mei mendatang. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , LIMO – Beragam kesiapan jelang ujian nasional berbasis komputer (UNBK), mulai diatasi SMPN 13. Selain menyiapkan genset sekolah di Jalan Krukut Raya No75, Kelurahan Krukut, Limo, akan membagi tiga shift selama ujian berlangsung. Banyaknya shift didasari dengan jumlah siswa yang mencapai 342 siswa.

Kepala SMPN 13 Depok, Hehen Hendra menjelaskan, tahun ini perdana SMPN 13 menggelar UNBK, tahun sebelumnya masih normal. Sekolah sudah menyiapkan komputer dan insyalasi koputernya saat ini, diperkirakan besok sudah rampung. Kemudian cara mengakali ganguan listrik yang suka padam secara mendadak, sekolah juga menyiapkan genset 60.000 watt.

“Kalau perangkat komputer serta gangguan listrik sudah kami antisipasi,” terangnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Saat ujian nanti, kata Hehen pelaksanaanya akan dibagi menjadi tiga shift, pertama jam 8-10 pagi kemudian jam 11-1 siang dan terakhir jam 2-4 sore. Pembagian shift merujuk banyaknya siswa yang ikut UNBK.

“Siswa yang ikut UNBK 342 siswa. Jumlah ini lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya 373 siswa,” bebernya.

Menurutnya, ada empat mata pelajaran yang akan di UNBK, Selasa 2 Mei pelajaran Bahasa Indonesia, 3 Mei pelajaran Matematika, 4 Mei ujian Bahasa Inggris dan terakhir 8 Mei UNBK Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Khusus IPA dilanjutkan pekan selanjutnya karena terbentur harui Jumat,” terangnya.

Menambahkan ucapan Hehen, Wakil Kepala SMPN 13 Depok, Agus Praseti menyebutkan, dari tiga kali try out hasilnya diatas standar nasional. Dengan begitu dia sangat bersyukur siswa dapat mengatasi soal nanti, sebab umumnya lebih sulit try out ketimbang ujian nasional.

Seperti tahun sebelumnya, kelulusan sudah ditiadakan tapi yang diutamakan nilai saat kelulusan. Ini sangat menentukan kejenjang selanjutnya ke negeri atau ke swasta. “Kami sudah siap 100 persen saat UNBK nanti 2 Mei,” tandas dia. (cr1)