PRAKTEK: Petugas pemadam kebakaran melakukan simulasi saat pemadaman api. Foto: Indah /Radar Depok.
PRAKTEK: Petugas pemadam kebakaran melakukan simulasi saat pemadaman api. Foto: Indah /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, PANCORANMAS– SDIT Al Haraki kembali menggelar Haraki’s Day yang diperuntukkan kelas V. Bertema “Siaga menanggulangi Kebakaran & Tindakan Kriminalitas”, Rabu (26/4).

Ketua Pelaksana Haraki’s Day, Heni Liasari mengatakan tema tersebut diambil mengingat kota besar seperti Depok dan Jakarta sering terjadi bencana kebakaran, dibanding bencana lainnya.

“Karena di kota besar itu bahaya yang paling sering kan kebakaran, kalau daerah Bandung itu tanah longsor. Kalau di Depok itu kebakaran,” ujar Heni ditemui di lokasi acara Jalan Belimbing 3, Kecamatan Pancoranmas.

Selain itu, sekolah ini juga mengundang Satgas Srikandi dan petugas Panca Pilar. Acara tersebut terdiri dari pemberian materi dari masing-masing narasumber, dan praktek langsung  simulasi cara mengatasi kebakaran, dan simulasi tindakan preventif kriminalitas penculikan dan narkoba, guna memberikan edukasi bagi siswa.

“Kita undang skrikandi juga karena tindak kriminalitas pada anak-anak itu sekarang tinggi sekali. Jadi srikandi ini mengajarkan siswa untuk memahami langkah-langkah agar terhindar dari kriminalitas,” ujar Heni kepada Radar Depok.

Para siswa diajarkan, 3 hal yang menjadi unsur api, diantaranya, bahan yang digunakan, oksigen dan gas. Siswa juga dipraktekkan mengenai teknik memadamkan api secara benar dan dikenalkan alat pemadam api ringan (apar).

“Cara aman menggunakan karung goni untuk memadamkan api, praktek kebocoran gas, dan cara menggunakan apar dengan baik dan benar,” katanya.

Diharapkan, setelah datangkan damkar dan satgas srikandi, siswa dapat mengetahui pemicu terjadinya kebakaran dan cara  menanggulanginya. Serta memahami langkah agar terhindar dari kriminalitas dan mampu menjaga diri dari tindak kriminalitas. (cr1)