RADAR DEPOK.COM –Pengguna Jalan Pitara harap-harap cemas. Musababnya, jembatan yang terletak di RW15 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas telah terbelah alias patah. Dikhawatirkan, jembatan yang sering dilalui tersebut ambruk, kemarin.

Salah seorang warga RW15 Kelurahan Pancoranmas, Abdul Rojak mengatakan, terbelahnya  jembatan sudah berlangsung lama. Namun, kerusakan tersebut berawal dari retakan sehingga lambat laun menjadi terbelah seperti saat ini.

“Dikhawatirkan terbelahnya jembatan bisa menjadi ambruk,” ujar Rojak kepada Radar Depok, kemarin.

Selain ujung jembatan yang terbelah, sambung Rojak badan jalan yang berada di jembatan mengalami hal yang sama. Coran jalan di badan jembatan sudah mengalami kerusakan dan lempengan besi jembatan sudah terlihat. Rojak mengkhawatirkan, apabila terbelahnya jalan yang berdekatan dengan jembatan tidak segera ditangani, akan memperparah kerusakan dan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Veronica Winwin Widarini mengungkapkan, terbelahnya jembatan di Jalan Pitara harus segera ditangani. Minimal, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok dapat segera meninjau langsung lokasi terbelahnya jalan tersebut. “Apabila dapat segera ditangani, langsung dilakukan penanganan dan jangan menunda,” terang Veronica.

Veronica menjelaskan, dalam melakukan pengerjaan perbaikan tidak harus menunggu perencanaan program yang telah dibuat, namun dapat segera dikerjakan apabila menyangkut kepentingan yang bersifat darurat. Apabila dari hasil pengamatan dinas terkait kerusakan jalan tersebut masuk dalam program pembangunan 2017, dan masih dapat bertahan hingga pelaksanaan perbaikan, hal tersebut bisa dapat dilakukan dinas.

Veronica menuturkan, perbaikan kerusakan sejumlah jalan di Kota Depok tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pemkot Depok. Perbaikan jalan di Kota Depok ada yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemkot Depok. Namun, apabila jalan yang rusak masuk dalam katagori jalan nasional atau provinsi, dan dinas terkait memiliki bahan material yang cukup, sebaiknya dinas dapat segera menanganinya. “Kalau memang bisa di intervensi apa salahnya Pemkot membantu perbaikan,” ucap Veronica.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Manto Jorghi mengatakan, terbelahnya Jalan Pitara yang berbatasan jembatan akan segera dilakukan peninjauan. Nantinya, pihaknya akan melihat terlebih dahulu sejauhmana kerusakan di jalan tersebut.

“Kami akan segera melakukan peninjauan dan melihat langsung kerusakan di jalan tersebut,” singkat Manto. (dic)