KOMPAK: Ridwan Kamil bersama relawannya yang tergabung dalam Barka Kota Depok, kemarin. Foto: Irwan /Radar Depok.

 

KOMPAK: Ridwan Kamil bersama relawannya yang tergabung dalam Barka Kota Depok, kemarin. Foto: Irwan /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM – Bakal calon Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambangi posko Baraya Ridwan Kamil (Barka) di Jalan Tole Iskandar, Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, kemarin.

Tidak hanya itu. Kang Emil-sapaannya-berziarah ke makam keluarganya di Kelurahan Kalimulya, Cilodong. “Kebetulan, saya Ketua Walikota se-Jawa Korwil Tiga. Dari Jakarta ke Kota Bogor. Mampir sebentar ke Posko Barka. Kami ingin jalin  komunikasi,” tuturnya kepada Radar Depok, kemarin.

Dari udensi dengan relawan Barka, Emil mengatakan bahwa mereka (masyarakat Depok yang hadir) menyampaikan persoalan di Kota Depok.

Persoalan itu antara lain soal pendidikan, infrastruktur, kepemudaan, kesejahteraan guru, dan banyak lainya. Nantinya, kata aspirasi itu akan ditampung kedepanya.

“Ini sangat natural, datangnya masyarakat tidak ada yang disetting,” tegas Walikota Bandung itu.

Bila kedepan menjadi memimpin Jawa Barat, akan memberikan solusi sesuai persoalan penyakitnya di tiap daerah. Nantinya, kata dia,  akan ketahuan masalahnya.

“Jadi tiap masalah kota berbeda-beda, banyak yang diceritakan tadi saya dengan Barka dan warga Depok. Kedepan saya akan lebih peka, mencarikan solusinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Emil menambahkan, keterkaitan ziarah makam hanya silaturahmi dengan keluarga dan tokoh ulama di Kota Depok.

Terkait persoalan partai pendukung, Emil mengaku sudah ada obrolan mengenai dukungan dan pengusungan sebagai gubenur Jawa Barat. Namun, dirinya masih menunggu jawaban dari partai politik bersangkutan.

Soal Partai Nasdem, lebih lanjut Emil mengatakan hanya sebatas silaturahmi saja.

“Soal parpol saya sampaikan lagi, ini kan prosesnya masih panjang, biasanya pasangan calon dimunculkan seperti DKI Jakarta diakhir-akhir, itu kan dinamika,” ungkapnya.

Inisiator pembentuk relawan    Barka    Jajang Choer Nurjaman, mengatakan bahwa sudah ada telah membentuk pengurus Barka di    27 kota dan kabupaten se- Jawa Barat.

“Sudah kita bentuk dan deklarasi pada 19 Maret lalu di Bandung,” ucap Jajang kepada Radar Depok di Posko Barka, Jalan Tole Iskandar, Kelurahan/ Kecamatan Sukmajaya, kemarin.

Setelah dibentuk dan dideklarasikan Barka ini, lanjut dia akan melakukan pengukuhan ditiap daerah kota dan kabupaten.

“27 kota dan kabupaten kami akan kukuhkan,” katanya.

Jajang mengatakan bahwa latar belakang para relawan Barka ini mayoritas diisi oleh anak muda. Mereka, ikut bergabung karena menginginkan ada perubahan di Jawa Barat.

“Tentunya setiap bakal calon kepala daerah sudah pasti ada relawan, kami membentuk Barka sebagai wadah aspirasi yang disampaikan dari masyarakat bawah. Bahkan Barka ini Kang emil (sapaan Ridwan Kamil) sebagai Dewan Penasehat Barka,” bebernya.

Terkait partai politik (parpol) yang sudah mendukung Kang Emil maju di Pilkada Jawa Barat 2018, Jajang menyebutkan baru Partai Nasdem saja.

Tetapi, untuk parpol besar seperti PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan PKS masih dalam tarik menarik, artinya masih ada kemungkinan Kang Emil maju dari tiga partai besar tersebut.

Namun terpenting, kata dia lagi, pihak parpol Islam harus ada dalam mengusung dan mendukung Emil maju di Pilkada Jawa Barat mendatang.

Ia pun tidak mempungkiri bahwa Walikota Bandung itu pun telah masuk dalam penjaringan Pemira PKS, bahkan posisinya berada diatas istri Gubenur Jawa Barat, Ahmad Heryawan itu.

“Belum ada yang pasti parpol mana saja yang akan mendukung dan mengusung. Tapi, Kang Emil sudah berkoordinasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra. Bahkan untuk Partai Nasdem    sudah pasti, Hanura sudah ada sekitar 90 persen ingin mengusung, PPP 80 persen. Tapi Gerindra dan PDI Perjuangan masih tarik-menarik,” ungkapnya. (Irw)