BERBAKAT: Siswa SDN Baktijaya 4 yang menjadi juara tari di lomba internal, sedang tampil dalam puncak perayaan Hari Kartini. Foto:Indah/Radar Depok
BERBAKAT: Siswa SDN Baktijaya 4 yang menjadi juara tari di lomba internal, sedang tampil dalam puncak perayaan Hari Kartini. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SUKMAJAYA – Perayaan Hari Kartini yang selalu diadakan pada tanggal 21 April, menurut Kepala UPT Pendidikan SD Kecamatan Sukmajaya, Abdul Mutolib, penting diadakan sekolah-sekolah. Apalagi, untuk jenjang pendidikan SD, yang siswanya dalam masa tumbuh kembang di tahap pengenalan dan ketertarikan dengan seseorang.

Abu-sapaannya- mengatakan, melalui kegiatan di Hari Kartini, siswa jadi mengetahui pahlawan perempuan dari Indonesia, yang berjuang untuk hak-hak perempuan. Sehingga, perempuan bisa merasakan dunia pendidikan, layaknya kaum laki-laki.

“Pahlawan di Indonesia bisa dijadikan sebagai panutan juga. Setidaknya bisa mencontoh kecintaannya terhadap bangsa. Sehingga anak-anak sekarang memiliki jiwa nasionalisme yang kuat,” ucapnya dalam kegiatan perayaan Hari Kartini yang diadakan SDN Baktijaya 4.

Selain itu, kata Abu, di Hari Kartini juga ada penampilan potensi dan bakat siswa. Sehingga, sekolah menjadi tahu apa potensi dan bakat siswanya, yang sekiranya bisa menjadi prestasi. Karena, kegiatannya sudah seperti pentas seni (pensi), banyak siswa yang tampil. “Semoga kedepannya bisa menjadi agenda seluruh SD di Kecamatan Sukmajaya,” tuturnya.

Kepala SD Baktijaya 4, Imas Kamilah mengatakan, sebelum kegiatan perayaan Hari Kartini di sekolahnya, juga telah digelar berbagai perlombaan. Bagi yang menjadi juara, ditampilkan di puncak acara. Jadi lombanya pertingkat kelas, yakni kelas rendah dan kelas tinggi.

“Dalam berbagai kesempatan sengaja dijadikan sebagai unjuk potensi dan bakat siswa. Sehingga siswa terlatih untuk tampil dan diharapkan bisa meraih prestasi yang lebih skala besar lagi kedepannya,” tutur Imas. (cr1)