SEMANGAT: Siswa-siswi SDN Mekarjaya 30 mengikuti lomba peragaan busana dalam rangka Hari Kartini yang diadakan sekolah. Foto:Pebri/Radar Depok
SEMANGAT: Siswa-siswi SDN Mekarjaya 30 mengikuti lomba peragaan busana dalam rangka Hari Kartini yang diadakan sekolah. Foto:Pebri/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SUKMAJAYA – Semangat Hari Kartini di SDN Memarjaya 30 benar-benar terasa. SDN yang berlokasi di Komplek Pelni, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, tersebut mengadakan kegiatan upacara bendera serta lomba fashion show atau peragaan busana.

Kepala SDN Mekarjaya 30, Hanik Nurlaila, mengatakan, semangat Kartini adalah meningkatkan kreatifitas siswa, bukan hanya tentang siswa putri saja, tetapi siswa putra juga. Karena, semangat kepahlawanannya yang harus ditiru. Apalagi, dalam mengisi masa kemerdekaan sekarang ini.

“Keterampilan dan semangat perjuangan harus mengikuti perkembangan zaman. Perempuan bisa mengambil peran dalam pembangunan Indonesia sekarang ini. Tetapi, jangan sampai lupa dengan kodratnya sebagai perempuan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Hanik menjelaskan, awalnya siswa mengikuti kegiatan upacara bendera dahulu di lapangan sekolah. Itu untuk memberikan penghormatan kepada RA Kartini yang merupakan salah satu pahlawan perempuan di Indonesia. Upacara tersebut diikuti siswa dan juga guru.

“Mengawalinya dengan menggelar upacara, siswa diingatkan tentang peran-peran dari pahlawan dan juga peran mereka dalam mengisi kemerdekaan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Hanik menuturkan, usai mengikuti upacara, siswa kembali ke dalam kelas. Setelah itu, wali kelasnya memilih tiga siswa terbaik dalam hal busana adat yang mereka kenakan. Tiga siswa tersebut, diikutsertakan salam lomba peragaan busana, dan akan bersaing dengan siswa-siswa dari kelas lainnya.

“Lomba peragaan busananya pertingkat kelas. Sekarang ini, jumlah siswa di SDN Mekarjaya 30 ada 466 siswa yang terbagi dalam 15 rombongan belajar (rombel),” katanya.(peb)