PANJAT: Salah satu anggota Depok Climbing Club saat sedang melakukan panjat tebing di wall SMAN 5 Kota Depok. Foto: Ade /Radar Depok.
PANJAT: Salah satu anggota Depok Climbing Club saat sedang melakukan panjat tebing di wall SMAN 5 Kota Depok. Foto: Ade /Radar Depok.

Panjat tebing merupakan olahraga ekstrem yang mulai tenar di Indonesia sejak tahun 1970’an. Dan sekitar tahun 1980’an, panjat tebing mulai masuk kedalam salah satu cabang olahraga (cabor) di Indonesia. Meskipun olahraga ini ekstrem, namun penggiat olahraga ini banyak penggemarnya, salah satunya di Kota Depok.

Laporan: Ade Ridwan Yandwiputra /Radar Depok

Tanggal 28 April 2017, komunitas yang menamakan diri Depok Climbing Club atau yang disingkat DCC akan merayakan hari jadinya yang pertama. DCC merupakan salah satu komunitas di Kota Depok yang memiliki kebiasaan panjat.

Pendiri DCC, Semar mengatakan, DCC dibentuk sebagai penyalur wadah masyarakat Kota Depok yang memiliki hobi panjat. “Olahraga panjat memang olahraga ekstrem, tapi ternyata banyak masyarakat Kota Depok yang ingin bergabung dengan komunitas ini,” katanya.

Semar mengatakan, terbukti hingga saat ini sudah sekitar 30 anggota aktif dan kesemuanya adalah pemuda/i Kota Depok. “Selain sebagai pendukung olahraga di Kota Depok, kami juga melakukan aktifitas sosial,” lanjut Semar.

Semar menceritakan, awal terbentuknya DCC untuk mendukung adanya cabor panjat tebing di Kota Depok, “saya melihat, FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Kota Depok seperti mati suri, dan dari situlah saya ingin adanya perubahan di Kota Depok,” pungkas Semar.

DCC, awalnya bernama Depok Sawangan Climbing Club (DSCC), namun setelah diberi beberapa masukan, Semar mengganti nama menjadi DCC, “Anak saya bilang terlalu sempit jika hanya Sawangan saja, kenapa tidak Kota Depok. Akhirnya, saya putuskan untuk mengambil nama DCC,” lanjut Semar.

Selain melakukan panjat tebing di beberapa lokasi se-Kota Depok, DCC juga melakukan aksi sosial seperti mengecat Jembatan Panus yang sedang dilaksanakan, “Kami ingin berbuat banyak demi perkembangan Kota Depok,” katanya.

Sebagai peringatan satu tahunnya, DCC menyelenggarakan Fun Climbing yang akan dilaksanakan di SMAN 5 Kota Depok dengan kategori pelajar dan umum, “Dengan ini sekaligus kami juga ingin mengenalkan olahraga panjat tebing ke seluruh masyarakat Kota Depok,” pungkasnya. (*)