SEPI-SEPI SAJA: Hanya umbul-umbul yang menghiasi lingkungan kantor Kecamatan Sukmajaya. Jika kelurahan mengadakan berbagai kegiatan untuk merayakan HUT Depok, maka kecamatan sebaliknya. Foto:Rama/Radar Depok
SEPI-SEPI SAJA: Hanya umbul-umbul yang menghiasi lingkungan kantor Kecamatan Sukmajaya. Jika kelurahan mengadakan berbagai kegiatan untuk merayakan HUT Depok, maka kecamatan sebaliknya. Foto:Rama/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SUKMAJAYA – Tidak ada pesta rakyat, kemeriahan maupun kegiatan. Begitulah potret HUT Kota Depok tahun ini di Kecamatan Sukmajaya. Yang ada hanya umbul-umbul dan spanduk yang cuma dipasang di depan kantor kecamatan yang terletak di Jalan Merdeka, Kelurahan Mekarjaya.

Padahal tahun-tahun sebelumnya, kecamatan dengan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) tertinggi di Kota Depok ini tidak pernah absen menggelar rangkaian kegiatan. Hal ini pun mengundang pertanyaan dari warga Sukmajaya.

“Namanya hajat ulang tahun kota, paling nggak ada kegiatan. Biar warga Sukmajaya tahu kalau tanggal 27 April hari jadi Depok,” celetuk tokoh masyarakat Sukmajaya, H. Sarmili, kepada Radar Depok.
Pertanyaan juga datang dari anggota DPRD Depok asal daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Sukmajaya, Rachmin Siahaan.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, dengan tidak adanya kegiatan menandakan jika aparatur kecamatan tidak menjalin komunikasi dengan masyarakat.

“Enam kelurahan saya lihat ngadain kegiatan. Malah semarak banget. Kalau kecamatan adem ayem kayak gini terus camatnya kemana? Masak bikin kegiatan doang nggak bisa,” sindir Rachmin.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Abadijaya, Antoni Sarumaha, mengaku bingung dengan tidak adanya rangkaian kegiatan tingkat kecamatan.

“Sebagai warga Depok yang bermukim di Sukmajaya saya sedih. Kecamatan lain acaranya meriah, sementara di sini nggak ada acara,” kata Antoni.

Apalagi, katanya, Kecamatan Sukmajaya yang memiliki IPM tertinggi di Depok, seharusnya bisa membuat kegiatan lebih dari kecamatan lain.

“Camat sebagai pimpinan harusnya berkomunikasi dengan lurah-lurah. Kegiatan di Sukmajaya bisa lebih dari kecamatan lain. Tapi malah ini nggak,” kata Antoni.

Sedangkan Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya, Iriansyah, menjelaskan, sebelum HUT Depok, LPM pernah diajak rapat oleh camat untuk membentuk panitia kegiatan.

Tetapi dalam rapat saat itu tidak ada yang bersedia jadi ketua panitia.

“Sebelum rapat harusnya manggil kita dulu, komunikasi. Jangan ujug-ujug kita diundang langsung bentuk panitia,” kata Iriansyah.

“Kalau dibilang kecewa ya pasti. Saya kan warga Sukmajaya, masak nggak ada kegiatan di ulang tahun Depok. Beda sama tahun lalu, meriah benar,” katanya.

Saat ingin dikonfirmasi mengenai hal ini, Camat Sukmajaya Taufan Abdul Fatah belum ada di kantornya hingga pukul 11:00. Padahal upacara peringatan HUT Depok di Lapangan Balaikota hanya sampai pukul 10:00. (ram)