Bank Sampah Rosela PJB Cairkan Tabungan

In Satelit Depok

 

 

SENANG BANGET: Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto memberikan uang tabungan kepada salah satu nasabah Bank Sampah Rosela di RW1 Pangkalanjati Baru, kemarin. Foto: Indah /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, PANGKALANJATIBARU – Hati 60 nasabah Bank Sampah Rosela di RW1, Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Kecamatan Cinere sedang girang-girangnya saat ini. Kemarin, warga yang mendukung mengurangi sampah tersebut, dicairkan tabungan bank sampahnya. Nilai pencairannya varitif, mulai dari Rp300-Rp1,6 juta selama setahun.

Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto menjelaskan, Bank Sampah Rosela di RW1 sudah berjalan beberapa tahun lalu. Memang setiap tahunnya setiap nasabah akan diberikan tabungan, sebagai bentuk apresiasi nasabah. Untuk tahun ini, sebanyak 60 nasabah mendapatkan sejumlah dana. Tapi, jumlah tabungannya berbeda-beda satu dengan yang lain.

“Tahun ini 60 nasabah yang aktif mendapatkan Rp300-Rp1,6 juta dan totalnya ada Rp14 juta. Saya sangat bangga adanya bank sampah sangat membantu warga. Sampah juga bisa mengasilkan uang,” terangnnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, keberadaan bank sampah dapat memberikan sejumlah aspek manfaat kepada warga. Salah satunya adalah merubah cara pandang masyarakat tentang pengelolaan sampah. Selain itu, dapat merubah perilaku masyarakat, menambah kepedulian dan jiwa gotong royong, dan memunculkan generasi peduli sampah, serta manfaat ekonomi yang didapat warga dari pengelolaan sampah.

Secara lebih luas, pemerintah sebenarnya dapat mengurangi biaya pengelolaan sampah jika dapat memaksimalkan pembentukan Bank Sampah di masyarakat. Namun, yang perlu diperhatikan dalam pembentukan bank sampah tersebut adalah sosialisasi, pelatihan, dan motivasi. Hal ini termasuk ke dalam proses untuk merubah pola pikir masyarakat terhadap sampah, dan bagaimana cara memperlakukan sampah tersebut agar menghasilkan keuntungan bagi masyarakat. “Saya sangat mendukung bank sampah yang ada di Pangkalanjati Baru,” katanya.

Salah satu Nasabah, Rosila mengaku, dana yang telah diberikan ini dapat dijadikan untuk ramadan. Memang umumnya saat pembangian tiap tahunnya kalau tidak sebelum ramadan dan bisa juga mendekati lebaran. “Sangat membantu sekali, ayo kita gerakan yang lebih luas,” tandasnya singkat.(ind)

You may also read!

e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...
Ridwan kamil tinjau depok lagi

Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Tak Bepergian Saat Long Weekend

KUNJUNGAN : Gubernur Jawa Barat saat melakukan konfersi pers setelah simulasi vaksin, di UPTD Puskesmas

Read More...

Mobile Sliding Menu