Belasan Lansia Ikuti Fisioterapi di KJP

In Satelit Depok

 

ANTUSIAS: Peserta seminar antusias mendengarkan materi yang disampaikan pembicara. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SUKMAJAYA – Klinik KPJ bekerja sama dengan Sasana Husada melakukan kegiatan penyembuhan nyeri pinggang khususnya pinggang bagian bawah, Sabtu, (20/5).

Kegiatan yang diselenggarakan klinik yang berlokasi di Jalan Kejayaan Blok IX No. 4, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, disambut antusias para peserta, khusuanya para lansia yang berada di sekitar lokasi.

“Kami menyadari betapa pentingnya penyembuhan bagi pasien berusia lanjut dan beresiko penyakit tulang belakang. Karena itulah kegiatan ini diselenggarakan Klinik KJP,” kata Direktur Medis Klinik KJP, Edward.

Sebagian besar pasien yang berusia lanjut, yang datang berobat di Klinik KJP sering datang dengan keluhan nyeri tulang dan otot. Sehingga perlu diadakan kegiatan skrining awal agar dapat mengidentifikasi kepadatan tulang dan dapat dicegah sebelum terjadinya komplikasi akibat osteoporosis.

“Untuk pasien yang sudah mengalami gangguan akibat kepadatan tulang rendah dapat langsung berkonsultasi dengan tenaga fisioterapi yang ada di klinik KJP,” ujarnya.

Edwars menjelaskan, rasa nyeri pada tulang belakang bawah sering dikaitkan dengan sakit pinggang. Sakit ini biasanya berhubungan dengan bagian pertulangan dari tulang belakang tingkat lumbal, diskus (bantalan) antara tulang belakang, ligamen (jaringan ikat) di sekitar tulang belakang dan diskus, saraf dan sumaum tulang belakang, organ di rongga perut dan panggul, otot punggung bawah, serta kulit di area punggung bawah.

“Kondisi ini paling banyak terjadi pada orang dewasa usia 35-55 tahun. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, serta cenderung memburuk di kala malam. Nyeri punggung dapat terpicu oleh postur tubuh yang ideal saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh efek mengangkat benda yang terlalu berat,” paparnya.

Nyeri punggung, lanjutnya, biasanya tidak disebabkan oleh hal serius dan dapat ditangani hanya dengan terus aktif bergerak dan mengonsumsi obat pereda rasa sakit.  Khususnya untuk golongan orang lanjut usia (lansia), nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi sebagai efek dari penuaan.

“Kami berharap acara ini bisa memberikan manfaat guna meningkatkan kkualitas kesehatan masyarakat. Kami juga bersyukur kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat,” tandasnya.

Direktur Utama Klinik KJP, Tri Utami Kusumadewi menambahkan, kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban Klinik KJP sebagai fasilitas kesehatan untuk memperhatikan aspek promotif dan preventif. Selain kegiatan penyembuhan, para peserta yang didominasi para lansia sebelumnya mengikuti kegitan senam sehat.

“Kedepan acara seperti ini rencananya akan rutin kami laksanakan untuk masyarakat sekitar, sebagai upaya deteksi dini penyakit sehingga mencegah terjadinya komplikasi. Melalui senam, semoga kesehatan dan kebugaran para lansia bisa terjaga,” tutur Dewi, sapaan akrabnya. (ind)

You may also read!

Ridwan kamil tinjau depok lagi

Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Tak Bepergian Saat Long Weekend

KUNJUNGAN : Gubernur Jawa Barat saat melakukan konfersi pers setelah simulasi vaksin, di UPTD Puskesmas

Read More...
Vaksin uji klinis

Sabar, Vaksin Covid-19 untuk Depok Masih Uji Klinis

BRIFIENG : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat Brifieng simulasi vaksin, di.aula Kantor Kecamatan Tapos,

Read More...
Pemuda bojongsari ikan

Isi Kegiatan Positif, Pemuda Bojongsari Budidaya Ikan Konsumsi

BUDIDAYA : Pemuda RT02/12, Kelurahan Bojongsari sedang memberi makan ikan budidaya mereka. FOTO : INDRA

Read More...

Mobile Sliding Menu