Buka Kedai RCE Sampai Kembangkan Bisnis Potensial

In Metropolis
BIDANG USAHA : Anggota RCE dan pelayan sedang melayani pembeli di Kedai RCE di RT01/05 Kelurahan Cimpaeun, Tapos. Foto:Ricky/Radar Depok

Melek Bisnis bersama Remaja Cimpaeun Enterprise (2)

Apa yang dibicarakan terkait bisnis yang dikelola Remaja Cimpaeun Enterprise (RCE) bukan omong kosong dan hisapan jempol belaka. Sebab, beberapa bisnis sudah dijalankan, seperti membuka kedai RCE.

Laporan : RICKY JULIANSYAH

Sayup-sayup suara musik terdengar dari kejauhan. Begitu sampai diparkiran, gemerlap cahaya lampu warna warni yang menempel di dinding menjadi ornamen pemanis tempat tersebut.

Beberapa tamu, yang sedang menunggu pesanannya siap, tampak asik mendengarkan alunan tembang kenangan yang dimainkan salah satu anggota RCE yang akrab disapa Abah.

Jari jemari Abah seolah menari menekan tuts keyboard untuk mengisi melodi sebuah lagu yang memanjakan telinga konsumen yang datang. Tempat itu dinamakan kedai RCE, dimana masuk ke dalam divisi usaha yang dikelola para remaja Kelurahan Cimpaeun, Tapos.

Apa yang disampaikan M. Aji Juaeni tentang memberdayakan para pemuda Cimpaeun untuk melek bisnis memang bukan hisapan jempol belaka. Salah satunya Kedai RCE ini, yang baru di launcing sebulan lalu.

Jika masih tidak percaya, silahkan saja datang ke Kedai RCE, lokasinya jika dari Kelurahan Cilangkap, kearah Jalan Raya Tapos, sebelum pertigaan, lokasi tepatnya beralamat di RT01/05 Kelurahan Cimpaeun, Tapos.

“Kedai RCE baru dibuka sebulan lalu, modalnya dari anggota. Ini bukti konkrit pengembangan ekonomi kreatif dari remaja Cimpaeun yang tergabung dalam RCE,” tutur Ajie.

Untuk modal awalnya berasal dari urunan para pemuda yang mayoritas tergabung dalam wadah Katar Kelurahan Cimpaeun. Dan karena pemegang sahamnya banyak yaitu remaja Cimpeun, Pembagian keuntungan pemegang saham akan dibagi rata.

Kata dia, hal ini tidak memandang pemuda itu dari orang kaya atau tidak mampu, untuk modal investasi awal per orang Rp2 juta yang dicicil selama tiga bulan. Dan, jika dalam tiga bulan belum bisa memenuhi kewajiban nilai investasi, anggota masih diberikan waktu sampai enam bulan berjalan.

“Kalau mau investor sudah ada yang mau, tapi ini kan untuk pemuda Cimpaeun, jadi kami lebih bersabar untuk mengumpulkan modal dari anggota,” terang Aji.

Karena sudah berorientasi bisnis, maka susunan organisasi di RCE pun dibentuk selayaknya sebuah perusahaan, dimana ada komisaris yang dijabat seluruh anggota RCE, Direktur  Ahmad Syaiful, Wakil dirut Aden Syahrain, Sekertaris M. Ajie Juaeni, Bendahara Eva Lismawati.

Kata Aji, bisnis yang digeluti tidak hanya Kedai RCE, tetapi ada beberapa divisi usaha lain yang tiap divisi ada manager sebagai penanggungjawab bidang masing-masing, Seperti untuk divisi Kedai RCE Managernya Asnin Alberto,divisi Biro Jasa Umum (pengurusan surat tanah , PBB , AJB dan sertifikat) Managernya Eming HU, Div. Traveling agent and Rental Mobil Managernya Dafid Caniago, Div. Jual beli motor cash and credit Managernya Endang Ibnu Somad.

Kemudian, Div . Usaha Kecil dan Menegah dan koperasi Managernya Abdul Kholik, Div. sound and musik entertaimene Managernya Deden Suhendar, Div. Event and Weeding organizer Managernya  H. Tarmiji.

“Kalau pemuda sudah melek otak bisnisnya, ampun dah, apapun bisa dilakukan. Yang penting pemudanya solid, jangankan untuk bisnis, untuk sosial saja jika tidak solid akan berantakan. Hari ini (Kemarin. Red), kami baru melauncing kios makanan berat, seperti sate tepat di Depan Kedai RCE,” ucap Aji. (Bersambung)

You may also read!

pelatihan ketrampilan menjahit

Puluhan Warga P2WKSS Dilatih Menjahit : Tingkatakan Skill dan Ketahanan Ekonomi

DIBINA : Aparatur dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok sedang memberikan materi pelatihan menjahit

Read More...
gizi buruk di baktijaya

Di Baktijaya Ada Bayi Gizi Buruk

BANTUAN : Lurah Baktijaya dan Camat Sukmajaya sambangi bayi stunting berusia 7 bulan (MR) di

Read More...
RTLH di jatijajar terabaikan

Dua Tahun, RTLH di Jatijajar Terabaikan

ROBOH : Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di RT 1/1 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu