RADAR DEPOK.COM – Tidak ingin terjadi genangan saat hujan turun maupun pasca hujan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menormalisasi saluran air diwilayah Kota Depok. Selain itu, Dinas PUPR juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkaitĀ  jalan provinsi.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto Jorghi mengatakan, mulai meningkatnya intesitas hujan yang terjadi beberapa hari lalu di Kota Depok, Dinas PUPR rutin melaksanakan normalisasi saluran di beberapa wilayah Kota Depok. Selain itu, Dinas PUPR berusaha merespon keluhan terjadinya genangan air di lingkungan masyarakat, salah satunya pintu masuk perkampungan masyarakat Madani Quryatussalam Sani Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya.

“Karena keterbatasan anggota satgas, kami tidak dapat menjangkau semua keluhan masyarakat, namun kami akan berusaha,” ujar Manto kepada Radar Depok, kemarin.

Manto menjelaskan, anggota satgas rutin melaksanakan normalisasi di wilayah Sukmajaya yang terkoneksi dengan Kali Cikumpa. Namun, tingginya curah hujan sehingga tidak mampu menahan debit air yang mengarah ke sisi timur Kali Cikumpa. Dinas PUPR telah mengajukan ke Pemerintah Provinsi guna membuat saluran yang terkoneksi dengan Kali Cikumpa, dan usulan tersebut diajukan untuk kegiatan 2018. Sambil menunggu pengajuan tersebut, pihaknya tetap melakukan perawatan dengan pemangku wilayah setempat walaupun status jalan tersebut masuk jalan provinsi.

Manto mengungkapkan, setiap adanya laporan dan keluhan masyarakat terkait dengan saluran maupun jalan yang berstatus jalan provinsi dan jalan nasional, pihaknya akan melanjutkan kembali laporan tersebut. Namun, apabila keluhan tersebut bersifat urgent pihaknya akan berusaha menangani. Selain itu, pelaksanaan pemeliharaan tetap dilaksanakan PUPR Kota Depok dengan perwakilan PUPR Provinsi Jawa Barat. Diantaranya, Sukabumi, Bogor, Cianjur, dan Depok.

“Guna mewujudkan visi Kota Depok, kami akan terus melakukan normalisasi terhadap saluran air,” terang Manto.

Manto berharap, masyarakat dapat bersabar terhadap penanganan PUPR dalam melaksanakan tugas. Mulai dari normalisasi saluran air, perbaikan jalan, dan beberapa pekerjaan lainnya. Guna menghindari terjadinya genangan air, masyarakat dapat membantu Pemerintah Kota Depok dengan melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran. Selain itu, masyarakat untuk tidak segan menegur kepada masyarakat lain yang membuang sampah didalam saluran air.

“Dengan kesadaran bersama menjaga saluran air terbebas dari sampah, bukan tidak mungkin kesadaran tersebut akan mengurangi jumlah titik genangan air,” tutup Manto. (dic)