Dibentuk 1999, Badan Otonom Katar Cimpaeun

In Metropolis
AKTIF : Pengurus dan anggota RCE saat berkumpul di Kedai RCE di RT01/05 Kelurahan Cimpaeun, Tapos, kemarin. Foto:Ricky/Radar Depok

Melek Bisnis bersama Remaja Cimpaeun Enterprise (1)

Berbicara organisasi kepemudaan, tentu tidak akan habisnya membahas segala program dan aktifitas. Tetapi, apa yang dilakukan Remaja Cimpaeun Enterprise (RCE) boleh menjadi suri tauladan bagi okp mana pun. Apa program dan kegiatannya?

Laporan : RICKY JULIANSYAH

Lahir dan berkembangnya perkumpulan atau organisasi pemuda, banyak dilatarbelakangi kesamaan daerah, suku, hobi dan visi serta misi sudah merupakan hal yang wajar dan tidak mengherankan lagi. Mereka akan merasa lebih dekat dan akrab jika terdapat benang merah yang menyatukan.

Seperti halnya RCE, organisasi pemuda yang dibentuk pada tahun 1999 ini berawal dari kesamaan hobi anggotanya yang berdomisili di Kelurahan Cimpaeun, Tapos, yakni sama-sama suka di dunia musik, bahkan beberapa anggotanya pun membentuk grup band.

Karena kuatnya pengaruh musik dalam anggota RCE, di sekitar tahun 2000-an, organisasi tersebut membuat even skala kota Depok, yang dinamakan festival musik Rock se-Kota Depok.

“Saat itu sedang booming musik rock dan kami ingin menggaungkan bahwa remaja yang berada di wilayah perbatasan seperti Cimpaeun ini dapat menggelar even skala kota,” kata salah satu pendiri RCE, Aji Juaeni.

Sayang, selang lima tahun setelah menggelar even akbar tersebut, seiring kesibukan masing-masing anggota, yang rata-rata sudah memiliki keluarga, akhirnya RCE vakum dari kegiatan-kegiatan besar.

Rentang waktu 2005 hingga 2010, memang bisa dibilang RCE menghilangkan kegiatan, tetapi setelah itu agar sejarah dan organisasi RCE tidak pure hilang ditelan dan hanya meninggalkan nama, akhirnya anggota RCE mulai kumpul kembali mengalang solidaritas anggotanya.

Selama vakum, menurut Aji, bukannya anggota RCE yang berjumlah 50 orang lebih ini benar-benar hilang dengan kesibukan masing-masing. Tetapi, masih ada acara arisan anggota RCE, santunan anak yatim dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

“Jadi kegiatan sosial murni, ke rumah-rumah anggota saja selama vakum,” terang Aji.

Di 2015 merupakan titik balik dari RCE, sebab di tahun tersebut ada regenerasi kepengurusan dengan mengadakan pemilihan ketua RCE yang baru. Saat itu, terpilih Eming HU sebagai ketua dan sekretaris Ahmad Syaiful.

Meski mengusung label pemuda dalam organisasi tersebut. Namun, ada pembeda dari Remaja Cimpaeun Enterprise yang tidak terdapat di organisasi lain.

Sesuai dengan namanya RCE yang ada kata enterprise di belakangnya, organisasi ini selayaknya perusahaan yang mengembangkan bisnis di beberapa bidang yang dinilai potensial dan dapat dijangkau anggotanya.

“Kami mengembangkan beberapa bisnis yang dapat menghasilkan, karena saat ini memang sudah seharusnya seperti itu, berkegiatan tapi menghasilkan,” papar Aji.

Aji yang juga Wakil Ketua Karang Taruna (Katar) Kelurahan Cimpaeun ini menjelaskan, pada dasarnya, anggota RCE mayoritas tergabung dalam katar, dan RCE sendiri bagian dari katar.

Tetapi, RCE dibentuk sebagai organisasi pemuda yang melek akan bisnis, sehingga RCE bisa dibilang badan otonom dari Katar Kelurahan Cimpaeun, Tapos.

Sebab, lanjut Aji, kepengurusan Katar ada masa baktinya, sementara di RCE, walaupun ada kepengurusan, tapi di RCE ada penyertaan modal dasar, sebagai saham yang dimiliki tiap anggota.

“Kalau kita tidak otonom, nanti terjadi kerancuan saat pergantian kepengurusan Katar. Sementara kami berbisnis menggunakan modal tiap anggota RCE. Di sini kami banyak program pengembangkan bisnis berbasis kepemudaan, beberapa diantaranya sudah berjalan,” tutur Aji. (Bersambung)

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu